Ratusan Warga Setrokalangan Kudus Cek Kesehatan Gratis

  • Bagikan
BAKTI SOSIAL: Salah satu dokter dari komunitas Wong Sehat FC RSUD dr Loekmono Hadi Kudus sedang memeriksa salah satu warga Desa Setrokalangan di aula balai desa kemarin. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

KUDUS, RAKYATJATENG – Ratusan warga di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berbondong-bondong memeriksakan kesehatan di aula balai desa kemarin.
Bakti sosial pengobatan gratis di desa yang baru saja tergenang banjir itu digelar dengan menggandeng dokter dan perawat dari komunitas Wong Sehat FC RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. Kegiatan ini digelar sebagai upaya pencegahan menyusul terus meluasnya penyebaran Covid-19.

Tercatat ada sekitar 150 warga yang memeriksakan kondisi kesehatannya. Bahkan ketika pengobatan ditutup, warga masih tetap berdatangan untuk melakukan pengobatan. Penyakit yang banyak dikeluhkan mulai dari lambung, asma, demam, radang hingga keluhan batuk.

Ketua Panitia Burhanudin Firdaus menuturkan, kegiatan pengobatan gratis ini sebagai upaya mengajak masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat. Juga sekaligus mencegah penyebaran virus korona di Kudus.

”Lokasi ini kami pilih karena pertimbangan jauh dari keberadaan puskesmas. Apalagi sebelumnya daerah sini juga terdampak banjir,” katanya.

Juru Bicara Wong Sehat FC Saiful Annas menambahkan, kegiatan pengobatan gratis ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu tim medis juga melakukan sosialisasi untuk mencegah penyebaran virus korona.

”Warga yang terdeteksi memiliki gejala mirip terpapar virus korona bisa langsung dirujuk untuk mendapatkan penanganan dini di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus,” katanya.

Kepala Desa Setrokalangan Didik Handono menyambut positif kegiatan bakti sosial pengobatan gratis karena sebelumnya warganya memang dilanda banjir sehingga perlu pemeriksaan untuk mencegah terjadinya penyakit akibat terdampak banjir.

Seiring mewabahnya virus korona, warganya perlu mengecek kesehatan. Sehingga warga yang memiliki gejala penyakit tertentu, bisa diambil tindakan segera untuk diobati.

”Melalui pemeriksaan kesehatan secara periodik, setidaknya warga juga semakin sadar pola hidup sehat itu penting,” katanya.

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus korona, Pemdes Setrokalangan juga rutin melakukan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat serta untuk mengajak warganya rajin cuci tangan setelah beraktivitas untuk mencegah penularan penyakit.

Maslikan, salah satu warga desa setempat mengaku berterima kasih kepada PWI Kudus karena bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis. ”Harapannya, tensi darah saya bisa terpantau normal. Kalau tidak, saya bisa segera melakukan langkah-langkah agar tidak tinggi karena sangat berbahaya bagi kesehatan,” katanya.

(ks/daf/mal/top/JPR/JPC)

  • Bagikan