Memakai Kaos ‘Bersama Lawan Corona’, Ganjar Periksa Kesehatan di RSUD Tugurejo Semarang

Maret 16, 2020

SEMARANG, RAKYATJATENG – Senin (16/3/2020) pagi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo Semarang. Selain tes laboratorium darah, mereka juga menjalani pemeriksaan swap tenggorokan, sekaligus mendeteksi virus Corona.Ganjar tiba ke RS bersama istri, Siti Atikoh, dan anaknya Alam Ganjar, sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka kompak memakai kaos bertuliskan “Bersama Lawan Corona”.Sesampai di RS, mereka langsung menuju ke Ruang Rapat Direktur. Kemudian, petugas medis melakukan pengambilan sampel darah Ganjar sekeluarga.Sembari duduk, Ganjar menuturkan jika dia saat ini sedang melakukan pemeriksaan kesehatan. Sementara, Gus Yasin, sapaan akrab Wagub, tiba sekitar pukul 08.20 WIB untuk melakukan tes serupa. Mereka menjalani pemeriksaan lanjutan di Ruang Diagnostik.Direktur Utama (Dirut) RSUD Tugurejo Kota Semarang, Haryadi Ibnu Junaedi mengatakan, pemeriksaan terhadap gubernur maupun wagub dilakukan hari ini.“Apa yang dilakukan gubernur sekarang adalah pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan laboratorium darah, treadmill, swap tenggorokan,” kata Haryadi di RSUD Tugurejo Semarang usai tes.

Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo Semarang, Senin (16/3/2020). (hms)
Menurutnya, pemeriksaan itu adalah salah satu bentuk preventif. Dengan tujuan untuk pencegahan mengingat gubernur sering kontak dengan masyarakat dan sibuk. Termasuk juga untuk edukasi terutama untuk pencegahan dalam mengurangi penularan.Dia menerangkan dua metode dalam menguji sampel, yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing (GS).“Jika PCR yaitu diperiksa dulu itu hasilnya negatif atau tidak. Kalau negatif ya sudah. Kalau PCR positif, akan dilakukan metode Genom yaitu konfirmasi. Itu tergantung dari fasilitas yang ada,” kata dia.

Komentar