Antisipasi Corona, Polres Kudus Bagi Masker dan Hand Sanitizer Gratis

  • Bagikan
CEGAH COVID-19: Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi membagikan masker dan cairan antiseptik kepada pengunjung Balai Jagong kemarin. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

KUDUS, RAKYATJATENG – Kepolisian Resor (Polres) Kudus tak henti melakukan langkah antisipatif penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus. Setelah mengajak membersihkan sejumlah fasilitas umum, kini Polres Kudus memberikan edukasi mencuci tangan pakai sabun yang benar. Tak hanya itu Kapolres Kudus juga membagikan masker dan hand sanitizer kepada pengunjung Balai Jagong pagi kemarin.

Dalam kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 ini Polres Kudus menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus dr Abdul Aziz Achyar terjun langsung untuk menyosialisasikan sanitasi lingkungan dan pola hidup bersih dan sehat (PHPS).

”Cuci tangan yang benar penting dilakukan. Bukan hanya untuk mencegah virus corona masuk ke tubuh, tapi juga untuk menjaga kesehatan badan,” kata Catur.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya membagikan masker dan hand sanitizer seacra gratis kepada masyarakat yang sedang berolahraga pagi di Balai Jagong. Tak hanya itu, sejumlah pengendara yang melintas di kawasan itu juga diberikan masker.

”Meski di Kudus tidak ada warga yang positif virus corona, kami imbau kepada masyarakat untuk bisa melakukan antisipasi dini. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya juga terus memantau terkait peredaran masker di Kabupaten Kudus. Ketika memang ada oknum yang dengan senagaja menimbun masker, akan ditindak tegas.

Pradana Aji Sasongko mengungkapkan, sosialisasi langsung perlu dilakukan. Sebab, menurutnya masih banyak warga Kudus yang belum paham terkait pengetahuan tentang Covid-19.

”Mungkin kalau anak muda bisa browsing di internet. Bagi mereka yang sudah lanjut atau yang gagap teknologi, sosialisasi seperti ini sangat membantu,” katanya.

Selain ada gerakan bagi masker dan hand sanitizer, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus juga mengimbau untuk bersih-bersih sekolah.

Kabid Dikdas Disdikpora Dian Vitayani Winahyu mengatakan, seluruh lembaga pendidikan yang berada di wilayah Disdikpora Kudus ada surat edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid- 19 pada satuan pendidikan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

”Antara lain menteri meminta agar setiap satuan pendidikan mengoptimalkan UKS dan berkoordinasi dengan layanan kesehatan setempat. Lalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota setempat, Selanjutnya memastikan ketersediaan sarana untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan tisu,” terangnya.

(ks/daf/san/mal/top/JPR/JPC)

  • Bagikan