Isuzu Indonesia Tegaskan Masih Produksi Panther

JAKARTA, RAKYATJATENG – Sempat banyak pemberitaan kalau Isuzu Panther di Indonesia akan segera punah alias tidak diproduksi lagi. Banyak yang menyayangkan kalau Panther yang terkenal sebagai rajanya diesel ini berakhir begitu saja.

Terkait hal ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) Isuzu di Indonesia membantah kabar Panther yang stop produksi.

Seperti diketahui usia Isuzu Panther di Indonesia sudah 2 dekade, sayangnya teknologi yang digunakan tak mendapat perubahan yang signifikan untuk ukuran MPV medium. Namun begitu konsumen loyalnya masih sangat menyukai Isuzu Panther. Hal ini yang menjadi alasan gosip kalau Isuzu Panther tak akan diproduksi lagi.

Ernando Demily selaku President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia menegaskn kalau generasi MPV andalannya ini masih terus diproduksi. “Panther masih terus produksi, nggak ada pengurangan. Panther gitu-gitu masih 200-an unit setiap bulan, customer setianya banyak,” tegas Ernando beberapa waktu lalu di GIICOMVEC 2020.

Harus diakui kalau eksistensi Isuzu Panther terus menurun seiring perubahan selera masyarakat yang beralih ke SUV. Bahkan Isuzu Panther juga sulit mengimbangi rivalnya yaitu Toyota Kijang yang semakin mewah dalam era Kijang Innova. Meskipun pamor yang terus menurun, Isuzu terus memproduksi Panther hingga memasuki era Euro 4 tahun depan.

Hinga saat ini di Tanah Air mobil Isuzu Panther hadir dalam lima pilihan tipe, yaitu Grand Touring, Touring, LV, LS, dan Smart. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp279,1 juta hingga Rp332,3 juta.

Indonesia merupakan negara satu-satunya yang masih menjual Panther karena masih memakai mesin dengan standar Euro 2, sedangkan negara lain sudah tidak lagi menjualnya. Perubahan terakhir dilakukan pada 2013 dan terus bertahan sampai sekarang. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono