Tertahan di Malaysia, Jamaah Umrah Boyolali Tunggu Diterbangkan Pulang

  • Bagikan
Jamaah umrah menjalan ibadah di Tanah Suci. Calon jamaah dari Indonesia tertahan di Malaysia dan segera dipulangkan ke Tanah Air menyusul keputusan Arab Saudi untuk menghentikan perjalanan ibadah umrah. (JAWAPOS PHOTO)

BOYOLALI, RAKYATJATENG – Calon jamaah umrah asal Boyolali, Jawa Tengah, yang gagal berangkat ke Tanah Suci tak bisa berbuat banyak. Mereka harus kembali pulang ke Tanah Air setelah sebelumnya tertahan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Total ada 23 calon jamaah umrah asal Boyolali yang akan diterbangkan kembali ke Indonesia. Ya, mereke kena imbas atas keputusan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan perjalanan ibadah umrah guna menghindari masuknya virus korona ke negara tersebut.

Abdul Rahman, pimpinan PT Nufarozan Wisata Mubarok Boyolali yang kini masih berada di Malaysia mengatakan, semua dokumen calon jamaah sudah komplit dan tinggal berangkat. Namun dalam perjalanan udara, pemerintah Arab Saudi memutuskan menghentikan sementara kedatangan calon jamaah umrah ke negaranya. Alhasil, mereka pun tertahan di Malaysia.

”Insya Allah kembali ke Indonesia,” kata Abdul Rahman, pimpinan PT Nufarozan Wisata Mubarok Boyolali ketika dihubungi wartawan, Jumat (28/2).

Menurut dia, saat ini semua sedang menunggu jadwal penerbangan maskapai. Sebab, para calon jamaah umrah akan diterbangkan ke Indonesia secara bertahap. “Menunggu jadwal flight. Karena diterbangkan secara bertahap,” jelasnya.

Dikemukakan dia, calon jamaah umrah yang kembali ke Indonesia tak hanya dari Boyolali. Namun juga dari sejumlah daerah di Indonesia yang sejak kemarin transit di Malaysia. Di antaranya rombongan dari Solo, Bogor, Riau, dan daerah lain. Kepulangan calon jamaah difasilitasi dari pihak maskapai.

“Seluruhnya, fasilitasi dari pihak maskapai,” tandas Abdul Rahman. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR/JPC)

  • Bagikan