Walikota Surakarta Serahkan 525 KPM PKH Baru, Segini Besarannya


SURAKARTA, RAKYATJATENG – Bertempat di Pendapi Gedhe Balaikota, Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Sosial memberikan langsung Kartu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 525 Perwakilan, Senin (27/1/2020).

Penyerahan KPN PKH ini merupakan penerima baru hasil validasi perluasan kesertaan baru yang dilaksanakan pada akhir tahun 2019 oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Proses validasi data dilaksanakan pada 5.853 calon peserta PKH, dari 5.853 PKH tersebut didapatkan data yang memenuhi persyaratan serta memenuhi komponen sejumlah 2.185 PKH.

Kepala Dinas Sosial menyampaikan, hari ini sejumlah 525 KPN PKH baru yang dana bantuannya telah tersedia di bank dengan jumlah bantuan yang berfariatif sesuai komponen PKH yang dimiliki penerima, maksimal tertinggi senilai Rp6,8 juta per tahun dengan komponen 2 anak usia dini, 1 ibu hamil dan 1 lansia 70 tahun.

31 penerima PKH menerima terendah Rp700.000 per tahun dengan komponen 1 anak sekolah dasar, 433 bantuan kooperatif mulai dari Rp1 juta per tahun hinggan Rp6,2 juta sesuai dengan masing-masing komponen.

Bantuan PKH tersebut dicairkan 4 tahap dalam setahun yang disalurkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) cabang Solo Selamet Riyadi melalui buku tabungan dan kartu ATM.

Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo berharap penerima PKH dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan program ini dapat membantu Pemerintah Kota Surakarta untuk mengurangi kemiskinan. (hms)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono