Tahun Baru, Kota Lama Semarang Bebas Kendaraan Bermotor

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Jelang malam pergantian tahun baru 2020 sejumlah lokasi wisata di Kota Semarang disiapkan menghadapi lonjakan pengunjung. Salah satunya Kota Lama Semarang yang saat ini menjadi salah satu daya tarik wisata utama Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menegaskan tak ingin kecolongan dalam meningkatkan aktivitas ekonomi di kota yang dipimpinnya, yaitu dengan memaksimalkan momentum malam tahun baru.

Menurut pria yang akrab disapa Hendi itu, jika menarik kunjungan ke Kota Semarang pada malam tahun baru tantangannya akan jauh lebih besar. Pasalnya ia meyakini jika banyak daerah juga berupaya untuk menyiapkan kegiatan yang menarik.

“Sehingga diupayakan agar yang Kota Semarang tawarkan di tahun ini harus lebih menarik dari yang lainnya, dan juga dari tahun-tahun sebelumnya,” tegas Hendi.

“Untuk itu salah satunya di luar dari jadwal Car Free Night yang ada biasanya, pada malam tahun baru kita berlakukan juga Car Free Night di Kota Lama,” imbuhnya.

Persiapan pun dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan rencana pemberlakuan Car Free Night pada malam pergantian tahun. Salah satunya dengan menyiapkan 5 mobil listrik untuk mengantarkan pengunjung dari kantong parkir ke kawasan wisata.

Dengan begitu diharapkan pengunjung tidak akam kesulitan mengakses kawasan wisata Kota Lama Semarang dari kantor parkir yang disediakan.

Adapun Pemkot Semarang menyiapkan 6 kantong parkir di sekitar Kota Lama. Kantong parkir itu ada di Ex Pool Damri, PTPN (samping Cafe Sepur), Dream Museum Zone (DMZ), Depan SATPAS Polrestabes, Jalan Sendowo (Parkir Umum Kawasan Kota Lama) dan Jalan Cendrawasih.

Di sisi lain, Kabid Pengendalian Ketertiban (Daltib) Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan menyebutkan jika pemberlakuan Car Free Night juga untuk menghindari keruwetan lalu lintas. Sehingga pengunjung dapat lebih nyaman menikmati suasana Kota Lama.

“Pemberlakuan Car Free Night di Kota Lama pada malam pergantian tahun adalah juga dalam rangka menciptakan kenyamanan pengunjung yang akan menghabiskan waktunya di Kota Lama,” tutur Danang.

“Jadi walaupun jatuh di hari Selasa, khusus di waktu malam pergantian tahun di kawasan Kota Lama akan dibebaskan dari kendaraan bermotor,” tambahnya.

Senada, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari memperkirakan adanya lonjakan pengunjung.

“Karena pergantian tahun baru bertepatan dengan libur natal dan libur sekolah. Jadi seperti tahun-tahun sebelumnya biasanya destinasi wisata semakin ramai pengunjung,” jelas Indriyasari.

Tak hanya Kota Lama, Pemkot Semarang pun menyiapkan hiburan berbeda di dekat kawasan Kota Lama, yaitu di Jalan Pemuda depan BCA.

Di lokasi tersebut Pemkot Semarang telah menyiapkan hiburan tahun baru dengan menghadirkan artis-artis kenamaan seperti NAIF, Denny Caknan, Ndarboy Genk, hingga Pendhoza pun dipasang sebagai sajian utama pergantian tahun.

Tidak ketinggalan perayaan pergantian tahun baru juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api. (Sen)

  • Bagikan