Libatkan 90 Orang, Bandara Ahmad Yani Semarang Dirikan Posko Nataru

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melaksanakan kegiatan Posko Terpadu Angkatan Udara Natal dan Tahun Baru (Nataru). Posko dilakukan 18 hari kedepan mulai 20 Desember 2019 sampai dengan 6 Januari 2020.

Selain Posko Terpadu Angkatan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, juga dilaksanakan Posko Kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berada di area terminal bandara.

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengatakan kegiatan posko Nataru ini melibatkan 90 orang anggota posko dari Angkasa Pura I, Lanumad A Yani, Denpom, Koramil, TNI AL, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Pramuka Saka Dirgantara.

“Posko ini dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, diantaranya adalah memantau trafik pergerakan angkatan udara (pesawat, penumpang, dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara,” katanya, Kamis (19/12).

Hardi menjelaskan, di Nataru ini terdapat 10 maskapai dengan 16 destinasi penerbangan domestik dan 3 maskapai dengan 3 destinasi penerbangan internasional. Dengan jumlah tersebut maka bisa melayani penumpang dengan jumlah 8.859 seat per hari untuk masing-masing keberangkatan dan kedatangan.

“Sampai dengan saat ini maskapai yang mengajukan ekstra flight adalah maskapai Nam Air dengan tujuan Semarang-Pangkalanbun sebanyak 1 slot penerbangan per hari, yaitu pada 18 dan 19 Desember 2019,” ujar Hardi.

Pergerakan penumpang pada Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, diperkirakan akan menurun 7 persen.

Selain itu, pergerakan pesawat dan kargo juga diperkirakan menurun masing-masing 7 persen. Penurunan ini diprediksi dengan menggunakan perbedaan total flight pada Desember 2018 dibandingkan saat ini.

“Kami berharap melalui kolaborasi ini pelayanan kepada penumpang yang akan merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya, sampai dengan arus balik dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu, seluruh anggota posko agar dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan saling bersinergi,” tambah Hardi. (Sen)

  • Bagikan