Bangun Kota Cerdas, Walikota Semarang Dianugerahi Goesmart 2019 dari ITB

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kota Semarang kembali menorehkan prestasi yang membanggakan pada kegiatan penghargaan bertaraf nasional Goesmart 2019 yang digelar di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (18/11/2019).

Pada ajang apresiasi tersebut, Kota Semarang menjadi kota besar yang berhasil unggul dalam semua kategori kota cerdas.

Sembilan kategori tersebut meliputi rating Ekonomi Cerdas, Sosial Cerdas, Lingkungan Cerdas, Kesehatan Cerdas, Keamanan dan Kebencanaan Cerdas, Pengembangan dan Pengelolaan Kota, Kesiapan Pemerintahan Digital, Kesiapan Integrasi, serta Rating Puncak Kota Menuju Cerdas.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Rektor ITB bidang riset, inovasi, dan kemitraan, Bambang Riyanto T dan Eddy Satriya selaku Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Mewakili masyarakat Kota Semarang, Wali Kota Hendrar Prihadi hadir langsung untuk menerima penghargaan tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Hendi ini, penghargaan diberikan kepada Kota Semarang atas keberhasilan penerapan teknologi informasi dalam berbagai sistem pembangunan, yang kemudian mempermudah dan mempercepat alur kerja birokrasi pelayanan publik.

Pencapaian tersebut merupakan hasil dari kerja seluruh elemen masyarakat. Hendi juga mengamini pentingnya penerapan teknologi informasi dalam berbagai bidang pelayanan dan pembangunan Kota Semarang.

Untuk itu, pada periode kepemimpinannya, ia menekankan jika salah satu fokus Pemerintah Kota Semarang adalah melakukan pemutakhiran sistem teknologi informasi dalam berbagai bidang. Meski begitu, Hendi menyampaikan di sisi lain yang terpenting dalam pembangunan Semarang Smart City adalah semangat perbaikan diri

“Tolok ukur pembangunan kota cerdas tak hanya pada seberapa mutakhir tools yang digunakan, tapi seberapa maksimal SDM terkait berkomitmen untuk memanfaatkan tools-nya,” ucap Hendi.

“Kalau diskusinya soal software atau hardware kurang gini kurang gitu, nunggu sempurna pasti nggak jalan-jalan, karena pembaruan sistem pasti ada terus dalam pengembangannya. Tapi kalau SDM-nya punya komitmen untuk jadi smart juga, walaupun ada kurangnya tetap bisa jalan dengan baik,” tambahnya.

Hendi meyakini jika penghargaan yang didapat Kota Semarang dalam ajang Goesmart 2019 bisa sebagai penyemangat seluruh elemen masyarakat di Kota Semarang, untuk lebih berkomitmen membangun Semarang Smart City.

“Sudah dapat penghargaan, kalau kemudian lalu ada yang tidak beres pasti malu. Sehingga apresiasi ini juga sebagai penyemangat untuk terus menjaga Kota Semarang dalam tren positif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Goesmart 2019 yang mengusung tema ‘Transformation Toward Smart X: Smart Village, Smart City, Smart Province and Smart Nation’ adalah sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh ITB.

Kegiatan tersebut menjadi forum pertemuan pimpinan pemerintah, kepala daerah, industri, pengembang, otoritas, analis, peneliti, serta akademisi yang terkait dengan solusi cerdas untuk pemerintahan, komunitas, masyarakat dan dunia usaha untuk memaparkan dan mendiskusikan hasil-hasil penelitian, pengembangan maupun usulan yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan solusi cerdas.

Rangkaian Goesmart 2019 terdiri dari Seminar Nasional (EII XV dan SIIF 5), Seminar Internasional (ICISS 2019), Riset Rating Kota Cerdas (RKCI) 2019, dan Smart ASEAN Forum. (Sen)

  • Bagikan