Mahasiswa Unisbank Beri Bekal Pengetahuan Hukum Siswa Agar Aman Bermedsos

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pengguna internet di Indonesia, sebagian besar merupakan para pelajar tingkat SMA. Bahkan hampir semua pelajar SMA memiliki media sosial, tapi mereka tidak menyadari risiko hukum ketika berinteraksi di dunia maya.

Latar belakang inilah menjadi salah satu pertimbangan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang memberikan bekal pengetahuan terhadap pelajar, khususnya risiko hukum penggunaan media sosial dan internet dalam UU Informasi dan Transaksi Eleltronik (ITE).

Demikian disampaikan Kepala Laboratorium FH Unisbank, Karman Sastro di sela-sela acara pendidikan hukum di SMA Institute Indonesia, Selasa (5/11/2019). “Tak kalah penting adalah melatih mahasiswa komunikasi publik serta praktek secara langsung di lapangan,” katanya.

Sebanyak 100 pelajar tampak antusias mengikuti pendidikan hukum. Pelatihan dikemas interaktif sehingga peserta bisa menyampaikan pertanyaan maupun pendapatnya agar tak menjemukan.

Reward berupa hadiah alat tulis terhadap peserta yang kritis, membuat pelajar SMA Institute Indonesia banyak mengacungkan jari untuk bertanya kepada pemateri.

“Selain tidak membosankan belajar hukum di kelas, kita mendapatkan pengalaman tampil di hadapan publik. Tak hanya itu, metode ini memaksa kita belajar dulu sebelum tampil,” ujar seorang mahasiswa Muhammad Aulia Rahman.

Sementara itu, Dekan FH Unisbank, Dr Rochmani SH M.Hum menuturkan, pendidikan hukum terhadap pelajar akan terus dilakukan. Program pendidikan hukum ini tidak sebatas pada pelajar, tapi demikian juga terhadap masyarakat.

“Dalam waktu dekat Kelurahan Bulu Lor, Kota Semarang menjadi objek melatih mental mahasiswa untuk memberikan pendidikan hukum sekaligus konsultasi hukum secara cuma-cuma. Program ini diharapkan memberikan manfaat terhadap mahasiswa dan juga masyarakat,” katanya. (Sen)

  • Bagikan