TMMD Diharapkan Dapat Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

  • Bagikan

CILACAP, RAKYATJATENG – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama terus berupaya melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Salah satunya dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang merupakan program kerja sama terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK).

Hal itu disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa pada upacara penutupan TMMD ke-106 TA 2019 yang berlangsung di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Kamis (31/10/2019).

“Program TMMD diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, miskin, terisolasi atau terpencil, daerah perbatasan, daerah kumuh perkotaan, serta daerah yang terkena akibat bencana,” katanya.

Kasdam mengatakan, Kodam IV/Diponegoro telah berhasil melaksanakan pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan atau rehab sarana infrastruktur diantaranya sarana transportasi berupa jalan, jembatan, renovasi dan pembangunan rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi.

“Selain itu, pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan Bela Negara, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Pertanian, penyuluhan peternakan, penyuluhan Kesehatan dan lainnya,” paparnya.

Menurutnya, pembangunan nonfisik ini sengat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas, isu bangkitnya kembali paham komunisme, paham radikalisme, dan lain sebagainya yang semuanya dapat mengancam stabilitas ketahanan nasional Indonesia.

Kasdam juga menyampaikan adanya terobosan pada pelaksanaan TMMD di Kodim 0703/Cilacap yang menyulap delman menjadi perpustakaan keliling untuk menarik minat baca anak-anak sekolah serta menambah wawasan dan pengetahuan.

“Minat baca sangat penting dan perlu untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita, sehingga diharapkan kader-kader bangsa dan generasi yang akan melanjutkan kehidupan bangsa ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan yang sekarang ini,” kata Kasdam.

Hadir dalam upacara di antaranya Danrem 071/Wijayakusuma, Dandim 0703 Cilacap selaku Dansatgas TMMD Reg 106 Kodim 0703 Cilacap, bupati dan anggota FKPD Kab. Cilacap serta pejabat dinas atau instansi terkait, serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan.

TMMD Reg 106 kali ini dengan mengangkat tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”. Untuk pelaksanaan upacara penutupan TMMD Reg 106 di wilayah Kodam IV/Diponegoro juga dilaksanakan di Kodim 0709/Kebumen, Kodim 0719/Jepara dan Kodim 0724/Boyolali. (Sen)

  • Bagikan