Walikota Tawarkan Bekas Taman Bermain Wonderia ke Investor, Ada Yang Minat?

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan bahwa saat ini Kota Semarang sedang berada dalam tren positif dengan berbagai pencapaian.

Meski demikian, masih ada beberapa pekerjaan rumah dalam upaya memaksimalkan sejumlah aset Pemerintah Kota Semarang, salah satunya bekas lahan taman bermain Wonderia.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut pada kegiatan Semarang Business Forum (Sembiz) ke-13 di Ballroom Patra Hotel and Convention Kota Semarang, Kamis (17/10).

“Maka harapannya dalam momentum Sembiz ini, sedulur-sedulur investor yang hadir di sini dapat tertarik untuk mengelola aset yang ada di tengah Kota Semarang tersebut,” harap Hendi.

Adapun Wonderia merupakan sebuah Theme Park yang diresmikan pada tahun 2007. Dengan lokasi strategis pada jantung Ibu Kota Jawa Tengah, Wonderia sempat menjadi destinasi wisata unggulan Kota Semarang.

Namun eksistensi Wonderia tidak bertahan lama. Terkendala berbagai permasalahan dalam pengelolaan, Wonderia kemudian tak maksimal beroperasi selang beberapa waktu setelah pembukaannya.

Kondisi taman bermain yang ada di aset milik Pemerintah Kota Semarang seluas 9 hektare itu pun kemudian terkesan mangkrak. Pemerintah Kota Semarang lantas mengambil keputusan untuk menghentikan kontrak pengelola Wonderia untuk aset di Jalan Sriwijaya Nomor 29 itu pada 2017.

Di hadapan para investor yang hadir dalam kegiatan Sembiz 2019, Hendi menegaskan eks Wonderia menjadi salah satu aset yang paling berpotensi untuk dikelola. Hal ini karena Kota Semarang sedang dalam ada komitmen yang tinggi untuk mendukung sektor pariwisata.

Untuk itu Hendi berharap pemerintah dan pengusaha dapat saling mendukung dalam mengembangkan Kota Semarang. “Saya mempersilakan kepada yang hadir di sini untuk berinvestasi apa saja, Semarang sangat membutuhkan kontribusi sedulur-sedulur pengusaha dalam pengembangan kota,” tegasnya.

Selain eks Wonderia, Hendi juga menawarkan sejumlah paket kerja sama untuk pada investor berinvestasi di Kota Semarang. Sejumlah kerja sama yang ditawarkan tersebut antara lain pengelolaan LRT, Semarang Expo Center, Simpang Lima Underground.

Selain itu Tinjomoyo, Goa Kreo, Taman Lele, Mangkang Zoo, dan Pengolah Sampah Energi Listrik (PSEL). Adapun terkhusus project PSEL dengan kapasitas 15-22 Megawatt sempat disinggung Hendi menjadi yang paling diminati saat ini.

“Dari semua itu hari ini banyak yang bertemu saya menyatakan minat untuk PSEL. Saya bilang monggo saja diikuti prosesnya karena ini lelang investasi KPBU,” ungkap Hendi.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah, Ratna Kawuri yang hadir sebagai undangan dalam kesempatan tersebut mengamini terkait peranan penting para pengusaha melalui penanaman. Menurutnya investasi yang masuk dapat berdampak luas bagi masyarakat.

“Dengan investasi yang masuk maka akan menggerakkan perekonomian daerah dan membuka kesempatan kerja sehingga mendukung penurunan angka pengangguran dan kemiskinan,” ujarnya. (Sen)

  • Bagikan