Hendi Luncurkan Call Center 112 versi Baru, Ini Kecanggihannya

Oktober 17, 2019
Belum ada gambar

“Semoga adanya versi baru ini dapat memudahkan pihak-pihak terkait, apalagi juga ada fitur yang memungkinkan laporan dapat diketahui melalui ponsel, tidak perlu terpaku pada layar PC,” tutur Hendi.Menurutnya, tolak ukur keberhasilan layanan 112 adalah bukan pada kecanggihan sistemnya, tetapi lebih ke manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat. “Semoga pengoperasian Call Center 112 ini dapat terus didukung oleh semua pihak yang terkait,” harapnya.Dalam kesempatan tersebut Hendi juga menceritakan awal ide penggunaan Call Center 112 di Kota Semarang untuk mengintegrasikan sejumlah layanan gawat darurat, seperti Pemadam Kebakaran, Ambulance Gawat Darurat, hingga Kepolisian.”Dulu setiap layanan gawat darurat di Kota Semarang punya nomor sendiri-sendiri, padahal dalam keadaan darurat masyarakat kondisinya bingung, sehingga lupa harus kemana melapor,” cerita Hendi.Maka pada 2018 Pemerintah Kota Semarang mulai menerapkan sistem seperti yang sudah ada di luar negeri. “Masyarakat cukup mengingat satu nomor saja, selanjutnya akan tersambung dengan operator yang akan membantu menghubungi pihak-pihak terkait,” ungkapnya.Di sisi lain, perwakilan Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Harapan Takaryawan menyatakan menyambut baik adanya penyempurnaan Call Center 112. Dirinya bahkan berharap pada 2024 mendatang, layanan tersebut dapat diterapkan di seluruh Indonesia.”Intinya masyarakat bisa semakin dimudahkan, harapan saya tahun 2024 di manapun berada, di seluruh Indonesia Call Center 112 bisa terhubung. Misal ada masalah kesehatan, kebakaran, terorisme bisa kontak 112. Apalagi dengan adanya aplikasi ini maka akan canggih lagi. Antara petugas dapat saling berkomunikasi, semisal melalui telefon agak sulit,” pungkasnya. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI