Hendi Luncurkan Call Center 112 versi Baru, Ini Kecanggihannya

Oktober 17, 2019
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Walau penerapan layanan gawat darurat seperti 911 di Amerika, melalui nomor 112 di Kota Semarang terbilang sukses, namun Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terus berupaya menyempurnakan layanan tersebut.Penyempurnaan tersebut antara lain terkait meningkatkan daya respon 112 agar bisa tersambung ke banyak instansi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dikarenakan dalam evaluasinya, ada banyak laporan yang memerlukan penanganan lintas instansi dengan kewenangan masing-masing.Contohnya ketika ada laporan terkait kemacetan, Wali Kota yang juga akrab disapa Hendi ini ingin operator 112 dapat menyambungkan laporan langsung secara paralel ke Dinas Perhubungan dan Polrestabes Kota SemarangUntuk semakin meyakinkan masyarakat terhadap peningkatan kesiapan layanan Call Center 112, dalam merespon laporan masyarakat, orang nomor satu di Kota Semarang itu lantas meluncurkan Call Center 112 versi baru.Dalam peluncuran yang digelar di Hotel Semesta, Kota Semarang, Rabu (16/10), hadir sejumlah stakeholder yang membantu Kota Semarang dalam menjalankan layanan 112, antara lain Contact Center World Indonesia, PT Jasnita Telekomindo, PT ESA Kreasi Negri, serta Kementerian Kominfo Republik Indonesia yang diwakili oleh Harapan Takaryawan selaku Kasubdit Pita Lebar.Hendi pun menuturkan fokus pengembangan versi baru Call Center 112 adalah agar masyarakat dapat lebih cepat mendapatkan respon atas laporannya. Dalam layanan 112 versi baru, setiap instansi akan mendapatkan notifikasi gawat darurat secara otomatis jika terkait dengan laporan yang diberikan.Dengan adanya notifikasi tersebut, maka laporan yang disampaikan dapat segera mungkin direspon oleh instansi yang berkaitan. Tak hanya itu, fitur integrasi antar instansi untuk setiap laporan yang ada dalam versi sistem 112 terbaru juga dinilai dapat mempercepat penanganan, karena antar instansi dapat langsung terhubung berkomunikasi.

Komentar

VIDEO TERKINI