Genjot Wisatawan, Walikota Semarang Luncurkan Downtron

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi resmi meluncurkan atraksi baru yakni downtron di Gedung Pandanaran, Jumat (20/9) malam.

Downtron yang ditampilkan berisi pariwisata kota Semarang di antaranya Tugu Muda, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan bangunan ikonik Kota Semarang lainnya. Tak hanya itu, berbagai gambar pola 3D juga disajikan dalam video downtron tersebut.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, mengatakan, inovasi ini untuk menambah estetika Kota agar dapat menarik wisatawan datang ke Semarang dan penerangan info kepada wisatawan terkait gedung cagar budaya di kota lunpia.

Hendi juga mengatakan bahwa kota Semarang tidak seperti daerah-daerah lain yang punya pasir yang putih, laut yang biru, ataupun keraton. Karena itu, menurutnya, kota Semarang harus mampu berkreasi dengan pembangunan infrastruktur dan juga event internasional.

Apalagi, Pemerintah Kota Semarang saat ini tengah fokus pada sektor pariwisata. “Semarang beda dengan daerah lain yang jualan wisata dengan pasir yang sangat putih, laut yang biru, ataupun kraton. Semarang harus berkreasi melalui pembangunan infrastruktur dan event nasional,” tutur Hendi.

Diharapkan atraksi downtron yang menelan anggaran sebesar 2 milyar ini bisa menjadi penambah estetika destinasi wisata yang berada di sekitar Gedung Pandanaran seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Museum Mandala Bakti, dan Kampung Pelangi.

“Kita lihat Lawang Sewu sudah bagus. Kota Lama dan Kampung Pelangi dari semula kurang begitu oke sekarang jadi destinasi wisata yang menarik. Maka keberadaan downtron ini kita harapkan bisa menambah estetika,” katanya.

Dalam pengembangan wisata, pihaknya tidak hanya fokus pada destinasi wisata dan kuliner, melainkan terus menciptakan inovasi untuk membuat pariwisata semakin maju.

Hendi berharap, downtron ini bisa berfungsi dengan baik, masyarakat bisa menikmatinya, serta Kota Semarang semakin maju dan hebat. Pihaknya optimis target wisatawan sebesar 7,2 juta wisatawan dapat tercapai mengingat infrastruktur Kota Semarang semakin lengkap.

“Jalan tol sudah jadi, bandara sudah jadi, kami punya event dan tempat destinasi yang komplit. Saya optimis tahun ini bisa mencapai 7,2 juta wisatawan,” tegasnya.

Downtron gedung Pandanaran akan dinyalakan setiap hari mulai pukul 18.30 WIB hingga 21.00 WIB. Pada hari libur, pemutaran downtron mulai 18.30 WIB hingga 21.30 WIB. (sen)

  • Bagikan