Belanda Permalukan Jerman, Diwarnai Gol Bunuh Diri

  • Bagikan
foto: net

RAKYATJATENG – Belanda mempermalukan Jerman 4-2 saat bertandang ke Stadion Volkspark, Hamburg, Jumat setempat (Sabtu WIB), dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C.

Kekalahan Jerman itu diwarnai sebuah gol bunuh diri Jonathan Tah.  Selain itu, gawang Manuel Neuer dibobol gol-gol Frenkie de Jong, Donyell Malen dan Georginio Wijnaldum, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tuan rumah sempat unggul cepat lewat gol Serge Gnabry pada saat pertandingan baru berjalan sembilan menit dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Lukas Klostermann yang tak diamankan dengan sempurna oleh kiper Jasper Cillessen.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum menyusul penyelamatan gemilang Cilessen untuk menghalau tembakan Marco Reus.

Belanda baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol perdana De Jong untuk tim senior Oranje pada menit ke-59 sebelum disusul gol bunuh diri Tah yang berusaha menghalau umpan silang Memphis Depay tujuh menit kemudian membuat mereka berbalik unggul 2-1.

Jerman kembali menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Toni Kroos pada menit ke-73 menyusul vonis wasit Artur Dias bahwa Matthijs de Ligt menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang.

Namun, keunggulan kembali berhasil direbut oleh Belanda pada menit ke-79 lewat gol Malen yang menandai penampilan debutnya dengan sebuah gol menyambut umpan sodoran dari Wijnaldum.

Tindakan itu belakangan menjadi karma baik bagi Wijnaldum yang mencetak gol keempat Belanda pada masa injury time lewat situasi serangan balik demi memastikan kemenangan 4-2 atas Jerman.

Hasil tersebut sekaligus menjaga Belanda dalam persaingan di Grup C, kendati masih berada di urutan ketiga dengan koleksi enam poin, namun mereka kini hanya terpaut tiga poin dari Jerman (9) di posisi kedua.

Kemenangan perdana Belarusia

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih awal di A. Le Coq Arena, Tallinn, Belarusia berhasil membukukan kemenangan perdana mereka di Grup C dengan menundukkan tuan rumah Estonia 2-1.

Usai bermain imbang nirgol pada babak pertama. Belarusia hanya butuh tiga menit setelah sepak lanjut babak kedua untuk membuka keunggulan lewat tandukan Nikita Naumov dalam situasi tendangan sudut.

Tuan rumah membalas melalui tembakan Erik Sorga dari sisi kiri gawang untuk menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-54.

Belarusia sepertinya harus puas dengan satu poin setelah dua peluang Ivan Bakhar berakhir ditolak mistar gawang, sebelum Maksim Skavysh mencetak gol dramatis pada masa injury time untuk memastikan kemenangan 2-1 atas Estonia.

Belarusia mengantongi tiga poin perdana meski tak beranjak dari peringkat keempat klasemen, sebagaimana Estonia yang terkapar sebagai jurukunci nirpoin. (Ant)

Berikut hasil pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C pekan kelima (tuan rumah disebut pertama):

– Estonia 1 – Belarusia 2 (Erik Sorga 54′; Nikita Naumov 48′, Maksim Sakvysh 90+2′)

– Jerman 2 – Belanda 4 (Serge Gnabry 9′, Toni Kroos p-73′; Frenkie de Jong 59′, Jonathan Tah bd-66′, Donyell Malen 79′, Georginio Wijnaldum 90+1′)

Klasemen Grup C

Tim                       M            M            I               K             Gol         P

1              Irlandia Utara     4              4              0              0              7-2          12

2              Jerman 4              3              0              1              15-6       9

3              Belanda                3              2              0              1              10-5       6

4              Belarusia              5              1              0              4              3-10       3

5              Estonia 4              0              0              4              2-14       0

  • Bagikan