Kualitas Penelitian Dosen harus Meningkat

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian, Hibah Kompetitif Internal USM di Gedung V Lantai 6 kampus setempat, Jumat (30/8).

Kegiatan yang diikuti 60 dosen ini melibatkan Reviewer Nasional yang berasal dari USM, yaitu Prof Dr Dra Hardani Widhiastuti MM Psikolog, Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, Prof Dr Ir Mudjiastuti Hanjani ST MT, Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Dr Ardiani Ika Sulistyawati SE MM Akt, Dr Supari ST MT, dan Dr Wyati Saddewisasi SE MSi.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II USM Dr Sri Budi Wahjuningsih MP menekankan perlu adanya peningkatan kualitas penelitian dosen, karena diamati luarannya masih sama dengan penelitian yang hanya didanai 5 juta.

“Pada bulan September hingga Desember skim ini diluncurkan lagi, 15 juta namun 25 judul. Kalau yang kemarin 15 juta tapi 20 judul, nanti di Januari 2020 17,5 juta untuk 25 judul, kan sangat sayang kalau luarannya masih sama seperti yang 5 jutaan. Kalau 5 jutaan di FTP misalnya itu kan habis di lab, sehingga kalau yang 17,5 juta itu kan 3 kali lipat harapannya luarannya lebih baik,” katanya.

Sementara itu Ketua LPPM Iswoyo SPt MP mengaku ada peningkatan dana hibah penelitian dosen menjadi 15 juta per judul.

“Selama ini dana yang diberikan hanya 5 juta per judul sehingga keseluruhan ada 75 judul yang diusulkan, namun sekarang berbeda dana yang diberikan lebih banyak yaitu 15 juta, tapi jumlah usulan hanya 20 judul,” ujarnya.

Menurut Iswoyo, dengan kenaikan dana yang diberikan diharapkan luarannya lebih bagus, paling tidak di jurnal internasional atau jurnal yang terindeks.

“Harapannya memang penelitian dosen bisa dimanfaatkan di masyarakat, tidak sebatas hanya di perpustakaan, dan tentunya tindak lanjutnya nanti dalam bentuk pengabdian masyarakat” pungkasnya. (sen)

  • Bagikan