Didi Kempot Curhat, Banyak Penyanyi yang Mengcover Lagunya Tanpa Izin

  • Bagikan
Didi Kempot

SEMARANG, RAKYATJATENG – Didi Kempot menyinggung para penyanyi yang sudah mengcover lagu miliknya tanpa izin terlebih dulu. Hal itu Didi Kempot sampaikan saat berbincang bersama Gofar Hilman yang tayang di channel YouTubenya dengan tajuk ‘Ngobam Didi Kempot Off Air Pertama’.

“Saya biasanya diam nunggu royalti di YouTube enggak keluar-keluar,” ucap Didi Kempot.

Pernyataan Didi tersebut kemudian disambut tawa pecinta karyanya yang hadir di lokasi itu. Dikatakan Didi saat ini aturan cover lagu belum jelas.

“Bahkan ada beberapa karya saya dicover banyak teman-teman seniman. Kalau secara pribadi, monggo-monggo saja, boleh. Tapi kalau alangkah baiknya izin,” tegasnya.

Melalui izin tersebut, Didi Kempot mengingatkan bahwa untuk menciptakan satu lagu bukan perkara mudah dan segampang yang dikira orang.

“Biar tahu bagaimana susahnya orang bikin lagu, bagaimana orang saya nulis lagu habis kopi berapa cangkir untuk mengkhayal. Saya bisa tidak tidur berapa ratus jam. Begitu jadi lagu diambil lagu tanpa ngomong,” papar dia.

“Ya kalau bisa izin, ngomong yang baik-baik. Enggak punya duit enggak masalah, orang jawa bilang ada kulo nuwonnya,” timpalnya.

Didi mengatakan ada beberapa penyanyi dangdut yang meminta izin menggunakan lagunya. Namun, sayangnya lebih banyak yang tidak izin.

“Yang izin tiga, yang enggak 10 orang. Sangat banyak sekali,” jelasnya.

Lalu apakah Didi Kempot bakal memperkarakan para penyanyi yang tidak meminta izin mengcover lagu ciptaannya?

“Saya tuh seniman karena terlahir di Kota Solo, nerimo,” jawabnya. (chi/jpnn)

  • Bagikan