Calon Anggota Dewan Terpilih Didominasi Wajah Lama

  • Bagikan
Ketua KPU Batang menandatangani berita acara penetapan perolehan suara masing-masing parpol dan juga calon terpilih. (RP)

BATANG, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah menetapkan perolehan suara masing-masing Partai Politik (parpol) dan juga calon terpilih hasil pemilu 2019. Dari seluruh calon yang terpilih, sebagian besar merupakan wajah lama atau incumbent.

Dari jumlah keseluruhan anggota DPRD Kabupaten Batang sebanyak 45 orang, 32 diantaranya terpilih kembali untuk menjadi wakil rakyat. Sedangkan 13 diantaranya merupakan wajah baru.

Namun jumlah tersebut hampir dipastikan akan bertambah satu, karena dari calon incumbent ada satu yang meninggal dunia. Penggantinya sendiri, dari perolehan suara yang ada akan diisi oleh wajah baru.

Ketua KPU Kabupaten Batang, Nur Tofan menjelaskan, pemilhan anggota DPRD di Kabupaten Batang bisa berjalan lancar dan tidak ada gugatan dari pihak caleg ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Hal ini berdasarkan surat MK didalam Buku Register Perkara Konstitusi tidak ada gugatan dari caleg asal Kabupaten Batang. Sehingga KPU RI menegaskan untuk segera menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih,” ujar Nur Tofan.

Sebelum dilantik menjadai anggota DPRD, caleg terpilih harus menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) kepada KPU. Sebagai prasarat untuk diusulkan pengesahan oleh Gubernur melalui Bupati.

“Untuk Pelantikan Calon Anggota DPRD terpipilh di jadwalkan 14 Agustus 2019,” tandas Nur Tofan.

Adapun untuk calon terpilih Pemilu 2019 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I antara lain, M Hanif AR, Fathur Rohman, Triyanto, H Tofani Dwi Arieyanti, Hj Junaenah, Nur Untung Slamet, Siqkon Hadi dan Karmubit.

Untuk Dapil II antara lain, Mufit Miftachudin, Daryoso, Nur Cahyaningsih, H Imam Teguh Raharjo, Slamet Supriyadi, Danang Aji Saputra, Bambang Sasongko, Nur Faizin, Teguh Eri Susanto dan Teguh Lumaksono.

Dapil III calon terpilih adalah Suudi, I’anatul Fikriya, Benny Abidin, H Junaedi, Hj Sihartini Dadang Suhargo, H Muafie, Khabib Ghozi, Nasikhin dan Yuswanto.

Dapil IV calon terpilih yaitu Kukuh Fajar Rhomadhon, Nurul Mubin, Rustiasih, H Bambang Sutiyono, Much. Sukri Ghozali, Subakir, Wintoro dan H Juki.

Dapil V untuk calon terpilih yaitu H Maulana Yusup, Rohmatin, A Lu’ayyil Fata, Riharso, Sri Umami (alm), Bebeng Ahyani, Khomidah, Makhrus dan Edi Siswanto. (red/RP)

  • Bagikan