Calon Menteri Milenial, PP BP Ajukan 37 Nama ke Jokowi

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG — Wacana kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo-Kiai Ma’ruf Amin akan diisi menteri-menteri muda, menghangat. Sejumlah nama yang dianggap mewakili milenial digadang akan mengisi kabinet.

Usulan datang dari berbagai kalangan. Salah satunya Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP BP). Bahkan, 37 nama secara resmi diajukan ke Jokowi.

“Mereka ini kami anggap memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin kementerian. Mereka juga masuk dalam kategori muda dan milenial yang diinginkan presiden,” jelas Syafrudin Budiman, Ketua PP PB dalam rilisnya, Rabu, 10 Juli.

PP BP merupakan relawan pemenangan Timkamnas Jokowi Ma`ruf Amin. Dari 37 nama tersebut, sebagian besar merupakan sosok yang sudah dikenal publik. Terdapat juga sosok yang memiliki hubungan keluarga dengan presiden dan wakil presiden.

Putra Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) misalnya. Ketua Kogasma Partai Demokrat ini memang santer disebut akan masuk kabinet.

Juga ada cucu Presiden Soekarno, Puti Guntur Soekarno Putri. Politisi PDIP ini dinilai berpotensi meski gagal saat bertarung di Pilgub Jawa Timur.

Nama lain adalah Muhammad Rapsel Ali. Politisi Partai Nasdem ini merupakan caleg terpilih DPR RI periode 2019-2024.

Rapsel merupakan pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspeksindo). Dia juga Komisaris kantor berita Fajar Indonesia Network (FIN), yang membawahi 92 media cetak, online, dan televisi di Sumatera, Jawa, Sulawesi, hingga Maluku.

Rapsel juga punya latar belakang seperti AHY dan Puti. Dia merupakan menantu wapres terpilih, Kiai Ma’ruf Amin.

Nama lainnya yang diusulkan diantaranya Adian Napitupulu (PDIP),
Raja Juli Antoni (Sekjen PSI), Grace Natalie (Ketum PSI), dan politisi Golkar asal Sulsel Supriansa yang juga mantan wakil bupati Sopoeng. (yon)

  • Bagikan