Harga Ayam Anjlok, Peternak Bagikan Ayam Gratis

  • Bagikan

PATI, RAKYATJATENG – Peternak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, membagikan hasil ternaknya kepada masyarakat secara gratis. Hal ini dilakukan karena harga ayam daging dipasaran yang semakin merosok.

Sarwi salah satu peternak mandiri di Desa Banyuurip, Kecamatan Margorejo, Pati, memilih membagikan hasil ternaknya secara geratis kepada warga, Menurutnya, karena gerah dengan harga yang tak kunjung membaik.

“Ini kami bagi-bagikan karena harga yang rendah tersebut, yakni di kisaran angka Rp 7 ribu per kilogramnya,” bebernya.

Menurutnya, mendistribusikan pembagian geratis itu dibantu karyawannya yang mengunjungi satu persatu rumah warga Desa Banyuurip. Dirinya juga enggan menjual ayam ke pasaran dengan keadaan yang kurang menguntungkan ini. Bahkan, kandang ternak ayamnya juga sudah dikosongkan dan belum diisi lagi bibit baru.

“Katakanlah kalau dijual satu ekor bobotnya 2 kilogram itu kalau nyampai, 2 kilogram sama dengan Rp 14 ribu rupiah, ya mendingan dibagikan saja,” tuturnya.

Diakuinya, harga itu terendah dibandingkan lima tahun terakhir ini. Sekitar empat tahun lalu diakuinya harga pernah jatuh di kisaran Rp 12 ribu. Namun, sekarang ini justru lebih rendah lagi. Sehingga kerugian yang dirasakannya pun jauh lebih tinggi.

Selain itu, ratusan ayam pedaging ini diberikan ke warga sebagai bentuk kepedulian. Hal itu dilakukan Sarwi, walaupun ayam dijual ke pasaran dirinya tidak memperoleh keuntungan sama sekali. [jie/rmoljateng]

  • Bagikan