TMMD, Tentara Demak Bangun Jalan dan Bedah Rumah Warga

  • Bagikan

DEMAK, RAKYATJATENG – Pembangunan di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama, baik pembangunan fisik (infrastruktur) maupun non fisik yakni sumber daya manusianya (SDM).

Sebagai bagian dari NKRI , maka TNI juga berkewajiban untuk ikut membantu pembangunan di negeri ini, terlebih sudah tidak ada lagi perang melawan penjajah.

Bentuk nyata sumbangsih Korps Baju Loreng untuk negeri ini, salah satunya melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Pada TMMD Reguler tahun 2019 ini , Kodim 0716 Demak berencana membangun jalan di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota.

Menurut Komandan Kodim 0716 Demak, Letkol Infantri Abi Kusnianto, sasaran TMMD difokuskan di Desa Kalikondang dengan berbagai pertimbangan, diantaranya masih banyaknya infrastruktur jalan yang rusak serta banyak penduduk miskinnya. Selain itu antara aparat desa dengan masyarakatnya terbuka, kompak dan guyub sehingga akan mudah tercipta kebersamaan atau kegotongroyongan.

“Kita akan bangun jalan di lima titik. Kalau jalannya bagus, tentunya mempermudah transportasi dan akses ekonomi warga,” kata Dandim Abi, seusai rapat koordinasi TMMD , di Makodim Demak, Rabu (26/6).

Rakor dihadiri Koramil se-Kabupaten Demak dan Sekda Demak, Singgih Setyono beserta jajarannya.

Dandim Abi menambahkan, selain pembangunan infrastruktur jalan, TMMD tahun ini juga memprioritaskan bedah rumah warga yang sudah tidak layak huni. Sedangkan bidang non fisik dengan pendidikan bela negara, penyuluhan dan pelatihan ketrampilan untuk meningkatkan skill warga.

“Kita rencana akan memperbaiki 30 rumah warga kurang mampu, semoga nanti bisa tambah lagi, kita lihat nanti di lapangan,” ujarnya.

“Untuk Satgas TMMD yang kita libatkan ada 150 personil. Kalau ada warga , organisasi maupun komunitas yang ikut kegiatan TMMD ini, kami terbuka, silakan saja. Temen – temen media juga boleh bantu juga,” kata Dandim Abi yang dikenal dekat dengan Wartawan Demak

Sementara itu, Singgih Setyono, Sekda Demak, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Demak siap membantu suksesnya pelaksanaan TMMD tahun 2019. Sebagai bentuk dukungan Pemkab Demak membantu pendananan TMMD sebesar 1 Milyar melalui APBD Demak, APBD Propinsi sebesar Rp 190 juta dan APBDes sebesar Rp. 100 juta.

“TMMD ini program bagus. Kita bantu all out. Kepala SKPD kita minta bantu apa yang bisa dibantu. Kecamatan juga kita tarik untuk membantu suksesnya TMMD,” kata Singgih. (sen)

  • Bagikan