Buka Persami di Kebumen, Ini Harapan Pangdam Diponegoro

  • Bagikan

KEBUMEN, RAKYATJATENG – TNI Angkatan Darat dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Saka Wira Kartika menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Gombong.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi saat membuka kegiatan Persami terpusat tingkat daerah di Lapangan Tembak Pekuncen, Secata Gombong, Kabupaten Kebumen, Jumat (21/6), mengharapkan agar kegiatan perkemahan yang diikuti seluruh Kwartir Cabang se-Jateng dan DIY tersebut tidak hanya menambah kemampuan dan keterampilan, namun juga membangun karakter kebangsaan para peserta Pramuka Saka Wira Kartika.

“Pembinaan karakter generasi muda merupakan tanggung jawab kita bersama, yang melibatkan dukungan segenap komponen bangsa, termasuk pejabat Pemerintah Daerah dan pejabat TNI AD,” ungkap Pangdam.

Persami yang berlangsung di satuan jajaran Rindam IV/Diponegoro tersebut mengambil tema “Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika, TNI AD Siap Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Serta Berjiwa Kesatria Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Demi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

“Hal ini sejalan apa yang dicanangkan Presiden RI 2006, bahwa gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pembentukan karakter bangsa Indonesia sejak dini yang merupakan aset bangsa tak ternilai dalam mengawal dan mengamankan Pancasila dan UUD 1945,” terang Pangdam.

Menurut Pangdam, Persami ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana hasil pelaksanaan pembinaan kepramukaan yang telah dilaksanakan oleh Aparat Satuan Kowil dan Satuan Non Kowil jajaran TNI AD, khususnya di Kodam IV/Diponegoro serta memberikan wawasan dan pengetahuan tentang jenis-jenis keterampilan dalam Saka Wira Kartika.

“Kegiatan ini juga untuk mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam kegiatan yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif, dengan mengacu pada pola pembinaan gerakan Pramuka,” tambahnya.

Pangdam IV/Diponegoro selaku Majlis Pembimbing Daerah (Mabida) Saka Wira Kartika, menghimbau kepada Ka Kwarda serta Ka Kwarcab se-Jateng dan DIY agar terus berkoordinasi dengan kwartir-kwartir di wilayahnya masing-masing dalam rangka pembinaan gerakan Pramuka, yang penjabarannya dapat melalui perkemahan-perkemahan.

“Ini sangat penting karena akan mendekatkan aparat teritorial dengan masyarakat yang semakin manunggal, guna membantu mewujudkan ketahanan wilayah. Saya berharap melalui Persami ini terwujud peningkatan karakter generasi muda secara signifikan, sehingga kiprah gerakan pramuka sesuai dengan UU RI Nomer 12 Tahun 2010 tercapai,” kata Pangdam. (sen)

  • Bagikan