Argentina Tak Berkutik Hadapi Kolombia

  • Bagikan
Penyerang Kolombia Roger Martinez merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Argentina dalam pertandingan kualifikasi Grup B Copa America 2019 yang dimainkan di Arena Fonte Nova, Salvador, Brazil, Minggu (16/6/2019) pagi WIB. (Ant/REUTERS/EDGARD GARRIDO)

RAKYATJATENG – Timnas Kolombia mempermalukan Argentina dengan skor 2-0 dalam pertandingan penyisihan Grup B Copa America 2019 yang dimainkan di Arena Fonte Nova, Salvador, Brazil, Minggu pagi WIB.

Gol-gol Kolombia dibukukan oleh para pemain pengganti, yakni Roger Martinez pada menit ke-71, dan Duvan Zapata pada menit ke-86, demikian catatan laman resmi turnamen.

Berbekal hasil ini, Kolombia memuncaki klasemen sementara Grup B dengan koleksi tiga poin, sedangkan Argentina berada di posisi keempat dengan nol poin. Dua peserta Grup B lainnya, Paraguay dan Qatar baru akan bertanding pada Senin dini hari WIB.

Penyerang Kolombia, Luis Muriel, harus meninggalkan lapangan lebih awal karena cedera yang didapatnya akibat benturan dengan bek Argentina German Pezzella. Muriel digantikan oleh Martinez saat pertandingan baru berlangsung 14 menit.

Baru beberapa menit berada di dalam lapangan, Muriel sudah memiliki peluang bagus. Ia mendapat kiriman bola dari Radamel Falcao, namun sepakannya menyambut operan Falcao masih membentur pemain Argentina sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Kolombia terus menggempur pada babak pertama, ancaman kali ini ditebarkan melalui James Rodriguez, yang kembali menghasilkan tendangan sudut untuk Los Cafeteros.

Menjelang turun minum, Kolombia kembali memiliki peluang saat James melepaskan tendangan bebas untuk disambar Radamel Falcao. Namun, sang penyerang gagal menyundul bola dengan sempurna, sehingga gawang Argentina untuk sementara masih aman. Pasukan Carlos Queiroz terus menekan untuk mengincar gol pembuka, sedangkan Argentina kesulitan keluar dari area pertahanannya.

Pada babak kedua, Argentina memasukkan Rodrigo De Paul untuk menggantikan Angel Di Maria.

Masuknya De Paul mempertajam lini serang Argentina, Albiceleste pun kini lebih mampu meladeni permainan Kolombia, dan berganti menebar teror. Salah satu peluang Argentina didapatkan Leandro Paredes, namun sepakan voli pemain PSG itu masih dapat ditepis kiper David Ospina.

Gawang Kolombia menjadi sasaran tembak pada menit ke-62 dan 66. Pertama melalui sepakan jarak jauh Lionel Messi yang masih dapat ditangkap Ospina, kemudian melalui sundulan Sergio Aguero yang masih dapat ditahan Ospina untuk berikutnya disundul melebar oleh Messi.

Kerap ditekan, Kolombia justru mampu membuka keunggulan pada menit ke-71. Diawali operan James kepada Martinez, sang pemain pengganti kemudian menggebrak di sektor kini sebelum bergerak memotong dan melepaskan tembakan ke tiang jauh gawang Argentina.

Saat Argentina berusaha menyamakan kedudukan, justru kiper Franco Armani harus kembali memungut bola dari gawangnya pada menit ke-86. Kali ini umpan silang kiriman Jefferson Lerma sukses disambar Zapata, yang merayakan gol dengan melepas kausnya.

Argentina selanjutnya akan bertemu Paraguay pada Kamis (20/6), sedangkan Kolombia berhadapan dengan Qatar pada hari yang sama.

Susunan pemain:

Argentina (4-3-3): Franco Armani (pg), Renzo Saravia, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Leandro Paredes, Guido Rodriguez (Guido Pizarro 67′), Giovani Lo Celso, Lionel Messi, Sergio Aguero (Matias Suarez 79′), Angel Di Maria (Rodrigo De Paul 46′)

Kolombia (4-2-3-1): David Ospina (pg), John Medina, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tessilo, Wilmar Barrios, Mateus Uribe, Juan Cuadrado (Jefferson Lerma 64′), James Rodriguez, Luiz Muriel (Roger Martinez 14′) , Radamel Falcao (Duvan Zapata 81′)

(Ant)

  • Bagikan