Tingkatkan Pelayanan Publik,Pemkot Tidore Gandeng YAPPIKA-KOPEL

Juni 13, 2019

TIDORE, RAKYATJATENG – Peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Tidore Kepulauan menjadi program utama pemerintah daerah. Dengan memanfaatkan sistem pengaduan nasional SP4N-LAPOR, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggandeng organisasi masyarakat sipil atas rekomendasi Kementerian PAN-RB yakni YAPPIKA dan Komite Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia dalam mendorong pemanfaatan sistem pengaduan pelayanan publik nasional LAPOR bagi warga Tidore.Bertempat di aula sekretariat daerah Kantor Walikota Tidore, Kamis 13 Juni 2019, nota kesepahaman tersebut ditandatangani antara Walikota Tidore Kapt. Ali Ibrahim dengan Hendrik Rosdinar dari YAPPIKA dan Herman dari KOPEL Indonesia.Penandatanganan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain Wakil Walikota, Sekretaris Daerah dan sejumlah Kepala OPD dalam lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.Kabag Organisasi Muhammad Sjarif dalam laporannya bahwa peningkatan kualitas layanan publik ini telah tertuang dalam RPJMD Kota Tidore Kepulauan. Kerja sama ini merupakan bagian untuk percepatan pencapaiannya. Menurutnya, dari segi kontent program, administrasi, kerja sama ini layak untuk segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Tidore.”Kita sudah inisiasi ini sejak tahun lalu, beberapa kali pertemuan termasuk membahas draft bersama dengan YAPPIKA dan KOPEL dan alhamdulullah hari ini kita tanda tangani nota kesepahaman ini,” ungkapnya.Sementara itu, Walikota Tidore Kepulauan berharap hal ini segera ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat sipil.”Pendampingan Pemerintah Daerah dalam pembuatan kebijakan berbasis bukti dengan memanfaatkan pengaduan masyarakat yang masuk ke SP4N LAPOR diharapkan dapat menjadi daya dorong untuk peningkatan pelayanan publik dan perbaikan manajemen pelayanan kepada masyarakat,” tutup Walikota Tidore dalam sambutannya di hadapan sejumlah OPD yang hadir dalam kegiatan ini.(yon)

Komentar