Siap-siap, ASN Tak Ikut Upacara Setelah Lebaran Sanksinya Bersihkan Got

BATANG, RAKYATJATENG – Ancaman adanya sanksi tegas berupa membersihkan got bagi ASN yang tidak mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila oleh Bupati Batang Wihaji, rupanya sangat efektif.

Hal itu terbukti dari membludaknya peserta upacara yang diadakan di halaman Kantor Bupati Batang, Sabtu (1/6/2019). Nampak seribuan pegawai yang telah hadir sejak upacara belum dimulai.

“Upacara hari ini termasuk bersejarah, karena paling banyak pesertanya dan ada juga peserta ASN dari luar daerah karena sudah terlanjur mudik dan mungkin takut sanksi jadi ikut upacara,” ujar Bupati Wihaji usai menjadi Pembina Upacara.

Bupati Wihaji menjelaskan, mengikuti upacara hari lahir Pancasila merupakan perintah pemerintah pusat yang secara aturan dan undang – undang ada sanksi hukumnya bagi ASN yang tidak memgikuti, mulai dari ringan, sedang dan berat.

“Saya sudah membuat regulasi bagi ASN yang tidak ikut upacara dengan alasan yang tidak jelas akan ada tiga sanksi. Yaitu membersihkan got, membaca teks Pancasila yang diunggah di instagram dan PBB untuk melatih kedisipilinan,” jelas Wihaji.

Ketiga sanksi tersebut menurut Bupati Wihaji sebelumnya tidak diumumkan kepada jajaan ASN, tetapai mungkin sudah bocor sanksinya jadi yang ikut upacara banyak banget. Sedangkan untuk pemberian sanksi sendiri akan diterapkan setelah lebaran Idul Fitri pada tanggal 10 dan 11.

” Saya akan cek daftar absenya, kalau alasan sakit dan ada keterangan dari dokter, saya maklumi. Namun kalau alasan tidak jelas, hukuman tetap ditegakan,” tegas Wihaji.

(RP)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono