Doa Mbah Kariyem untuk Prajurit Demak

  • Bagikan

DEMAK, RAKYATJATENG – Mbah Kariyem (85) tak dapat menyembunyikan bahagianya. Senyum lepasnya memperlihatkan giginya yang ompong.

Ya, warga Kampung Gendingan Demak itu, salah satu penerima zakat dari Kodim 0716 Demak.

Pembagian zakat fitrah dalam rangka menyambut Idul Fitri 1440 H itu digelar di Makodim Demak, Jumat (31/5/2019).

“Maturnuwun pak tentara pun diparingi zakat. Mugi pak tentara sehat lan lancar rejekine. (Terimakasih pak tentara sudah dikasih zakat. Semoga pak tentara sehat dan lancar rejekinya),” kata Mbah Kariyem.

Mbah Kariyem tidak sendiri, dia diantar oleh keponakannya untuk menghadiri pembagian zakat itu. Dia merasa bersyukur zakat dari prajurit Demak itu bisa digunakan untuk makan sehari-hari.

“Yo seneng , diparingi kok rak seneng. Beras ko dimasak, diliwet po gawe kupat. (Ya senang, dikasih kok gak seneng. Berasnya nanti dimasak, diliwet atau buat kupat),” ujarnya.

Selain di Makodim Demak, pembagian zakat fitrah juga dilakukan door to door ke rumah warga yang jauh dari makodim maupun warga yang tidak mampu lagi berjalan jauh serta keterbatasan transportasi.

Pemberian zakat dari rumah ke rumah itu dipimpin langsung oleh Abi Kusnianto, Komandan Kodim 0716 Demak. Dandim Abi bersama wartawan Demak ikut terjun langsung membagikan zakat fitrah ke rumah – rumah warga menggunakan armada truk.

“Alhamdulillah, dapat bantuan dari Bapak TNI. Ya seneng mas, untuk menyambung hidup. Nanti perutnya kenyang” kata Kasmin (84) warga kampung Kauman, Demak.

Zakat tersebut sangat berguna bagi Kasmin yang sudah tiga tahun ini tidak bisa bekerja lagi sebagai buruh bangunan karena sering sakit sakitan. Ia mengaku selama ini belum pernah mendapat bantuan dari siapapun kecuali dari Dandim Abi.

“Bantuan ya baru dari kumendan TNI ini. Alhamdulillah semoga Gusti Allah yang membalasnya, diberi kesehatan, panjang umur. Tapi, sholatnya harus tambah rajin biar cepet jadi jendral,” ucap Karmin.

Sebanyak 706 paket zakat fitrah dari prajurit TNI Kodim 0716 Demak dibagikan kepada warga kurang mampu di Kota Wali ini.

Menurut Dandim Abi, zakat fitrah itu diharapkan dapat membantu saudara sesama muslim untuk merasakan sedikit riski yang diterima oleh prajurit TNI. Selain itu, dengan zakat itu diharapakan dapat digunakan oleh warga untuk merayakan kemerdekaan atas kemenangan menahan diri sebulan penuh di Bulan Ramadhan.

“Dengan pembagian zakat ini, kita bisa bersilaturahmi, bertatap muka langsung dengan rakyat. Yang kami lakukan ini semata mata demi kesejahteraan dan menolong kesulitan rakyat, apalagi rakyat adalah ibu kandung TNI,” katanya.

“Saat ini kami baru bisa memberikan zakat, semoga kedepan dapat menyalurkan infak prajurit maupun program bedah rumah dari para donatur,” ujar Dandim Abi. (yon)

  • Bagikan