Perkenalkan Destinasi Wisata Kota Semarang, Hendi Undang Ahmad Albar

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Walikota Semarang Hendrar Prihadi tak bosan-bosannya untuk mengenalkan destinasi wisata di Kota Semarang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Baru-baru ini, pria yang akrab disapa Hendi tersebut turut mengajak musisi legendaris Ahmad Albar berkunjung ke Masjid Menara Kampung Melayu di kawasan Layur.

Diajaknya vokalis band God Bless itu menjadi salah satu upaya memperkenalkan wisata warisan budaya (heritage) di Kota Semarang lebih luas lagi.

Hendi menyebutkan jika wisata heritage di Kota Semarang tak hanya tentang kawasan Eropa yang saat ini sedang dilakukan revitalisasi saja.

“Selain itu ada kawasan Kauman, Pekojan, Pecinan, serta Kampung Melayu yang hari ini kita ajak mas Iyek (Ahmad Albar) untuk ikut meninjau,” katanya.

“Kawasan-kawasan ini akan dihidupkan untuk menjadi sebuah kawasan wisata heritage di Kota Semarang yang terintegrasi,” sambungnya.

Terkait hal itu, sekretaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Irwansyah pada tahun ini akan mengkaji beberapa penanganan untuk menghidupkan kawasan wisata heritage lebih luas lagi.

“Sesuai arahan Pak Wali, salah satunya terkait perbaikan menara di Masjid Kampung Melayu ini, semoga di tahun 2020 bisa diupayakan perbaikannya,” papar Irwansyah.

Lebih lanjut pemerhati budaya dan penggiat sejarah Kota Semarang, Yogi Fajri pun menegaskan kawasan Kota Lama Semarang tidak relevan disebut sebagai Little Netherland.

“Di Belanda sebenarnya juga tidak ada bangunan gaya eropa dengan struktur bangunan tropis seperti di Kota Semarang. Jadi Kota Lama itu adalah kawasan bersejarah akulturasi budaya dengan kearifan lokal,” jelasnya.

Untuk itu, tambahnya,Yogi mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan Hendi terkait kawasan heritage, seperti dengan mencoba membangun kembali alun-alun Semarang.

Sementara itu, Ahmad Albar yang saat itu hadir bersama Hendi juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Semarang yang telah berupaya keras mengubah wajah Kota Semarang.

“Semarang berubah jadi lebih bagus, terutama penataan kotanya. Semoga semakin maju wisatanya,” harap musisi yang akrab disapa Iyek tersebut.

Di sisi lain, Hendi selaku Walikota Semarang optimis jika kawasan heritage Kota Semarang mampu menarik wisatawan pada masa libur lebaran tahun ini.

“Revitalisasi Kota Lama yang saat ini sudah sampai 95 persen sehingga rasanya sudah bisa dikunjungi wisatawan saat libur lebaran,” yakinnya. (sen)

  • Bagikan