Resep Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah untuk Menu Buka Puasa, Mau Coba?

  • Bagikan
Menu ikan fillet sambal matah. (Istimewa/Regal Springs)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Perubahan waktu makan saat puasa sebaiknya diimbangi dengan asupan gizi seimbang. Hal ini tentu semakin menyempurnakan ibadah puasa yang kita jalani sebulan penuh.

Para ahli gizi banyak merekomendasikan ikan sebagai menu sahur dan berbuka. Selain mudah diolah, ikan juga kaya sumber nutrisi yang baik untuk tubuh karena mudah dicerna.

Namun, untuk mengolah menjadi berbagai pilihan menu, tentunya membutuhkan jenis ikan yang tepat. Sebut saja ikan bandeng yang paling enak kalau digoreng. Sementara bagi yang menyukai menu bakar, ikan kue adalah pilihan yang paling pas.

Ada pula jenis ikan Tilapia. Pernahkah mencicipinya? Ikan tilapia mudah dimasak lho, juga tinggi protein dan rendah lemak.

Tilapia sebenarnya adalah nama umum untuk menyebut ratusan spesies ikan cichlid dari suku Tilapiine Cichlid. Di Indonesia, selain bisa ditemukan di alam liar, ikan tilapia juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih.

Salah satu produsen ikan tilapia terbesar di dunia adalah Regal Springs. Pertama kali didirikan di Jawa Tengah pada 1988, Regal Springs kini sudah merambah hingga Amerika Latin. Regal Springs Indonesia merupakan bagian dari Regal Springs Group yang merupakan produsen ikan tilapia terintegrasi terbesar di dunia.

Dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5), Regal Springs memberikan resep mengolah ikan Tilapia menjadi lebih lezat. Kandungan protein dan vitamin D di dalam ikan tersebut tinggi dan tepat sebagai asupan gizi yang baik untuk keluarga. Produk Tilapia Regal Springs tersedia dalam bentuk Fillet yang praktis dan lezat.

Berikut resep Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah yang mudah dicoba.

Bahan:

6 potong fillet ikan Tilaipa
1 buah jeruk nipis
Garam secukupnya

Sambal Matah:

8 buah cabai rawit merah, iris
8 buah cabai rawit hijau, iris
5 siung bawang merah, iris tipis
2 batang serai, iris
5 lembar daun jeruk, iris
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
50 ml minyak goreng

Cara membuat:

Sambal: campur cabai, bawang, serai, daun jeruk, garam, dan gula pasir ke dalam wadah tahan panas lalu aduk rata. Kemudian siram dengan minyak goreng panas. Angkat dan sisihkan.

Lumuri fillet ikan Tilapia dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap, kemudian panggang di atas pan antilengket hingga kecoklatan.

Sajikan dengan sambal matah di atasnya. Santap untuk 6 porsi. Selamat mencoba.

(JPC)

  • Bagikan