Lezat dan Bergizi Saat Buka Puasa dengan Ikan Tenggiri Bumbu Kuning

Mei 20, 2019
Belum ada gambar

JAKARTA, RAKYATJATENG – Kecukupan protein saat berbuka puasa mampu memulihkan energi tubuh. Protein bisa diperoleh dari hewani seperti daging merah, ayam, dan ikan. Kali ini cobalah memasak resep ikan tenggiri dengan tekstur daging yang lembut dan gurih.Chef Noldy Herling dari Hotel Mercure Jakarta Simatupang meramu bumbu kuning dengan bahan utama ikan tenggiri. Ikan yang biasa digunakan dalam siomay dan pempek Palembang ini, lezat jika diolah dengan bumbu kuning.“Bumbunya yang dasar saja, sederhana. Bumbu kuning pasti bisa dibuat oleh ibu-bu di rumah. Kami pilih ikan tenggiri karena dagingnya lembut dan kaya protein,” kata Chef Noldy baru-baru ini.Bumbu kuning tersebut mengutamakan bahan kunyit untuk membuat warnanya menjadi lebih cerah. Sementara bahan-bahan lainnya mudah diperoleh di pasaran.Bahan-bahan:1 ekor ikan tenggiriSantan 250 mlJeruk nipis 1 buahSerai 1 batangDaun salam 2 lembarDaun jeruk 2 lembarGaram 1 sendok tehGula 1 sendok tehMerica 1/2 sendok tehMinyak gorengBumbu Kuning:Bawang merah 4 siungBawang putih 4 siungKemiri 3 butirKunyit 2 ruasJahe 2 ruasCara Membuat:Bersihkan ikan dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Lalu goreng. Angkat dan tiriskan.Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Aduk rata. Tuang santan. Masukkan garam, gula, dan merica. Aduk rata dan biarkan masak sampai mendidih. Masukkan ikan tenggiri. Aduk rata. SajikanKandungan Gizi Ikan TenggiriDilansir dari Live Strong, Senin (20/5), ikan merupakan komponen penting dari diet sehat. Ikan mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi, khususnya asam eicosapentaenoic atau EPA dan asam docosahexaenoic atau DHA. The American Heart Association merekomendasikan orang dewasa yang sehat mengkonsumsi berbagai ikan setidaknya dua kali seminggu. Selain lemak sehat, tenggiri juga merupakan sumber protein yang baik dan berbagai vitamin dan mineral.

Komentar

VIDEO TERKINI