Scoot Siap Tambah Enam Rute Baru, Termasuk Semarang dan Jogja

  • Bagikan

SURABAYA, RAKYATJATENG – Maskapai penerbangan tarif rendah milik Singapore Airlines, Scoot, akan menambah 6 rute penerbangan baru dari Indonesia pada 2020. Kota tersebut adalah Manado, Lombok, Makassar, Balikpapan, Semarang, dan Jogja.

General Manager Scoot Jemmy Lauw menjelaskan, enam rute itu dibuka untuk menggantikan rute SilkAir yang diambil alih oleh Scoot.

“Pada 2020 nanti, kebetulan SilkAir tidak beroperasi lagi dari Indonesia. Jadi, rute SilkAir di Indonesia dikasih ke Scoot,” ujarnya di Surabaya kemarin (17/5).

Dengan begitu, 2020 nanti rute yang dioperasikan Scoot dari Indonesia sebanyak 11.

Lima rute lainnya adalah Jakarta, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, dan Denpasar. “Semuanya tujuan penerbangan ke Singapura,” terangnya.

Rute-rute baru itu membidik kalangan milenial. Sebab, pihaknya melihat Indonesia kini tumbuh dengan populasi kaum milenial yang besar.

Menurut dia, pembukaan rute baru dilakukan karena milenial Indonesia mendominasi pemesanan tiket penerbangan Scoot.

“Kalau dari Surabaya yang terbang ke Singapura tiap tahun ada peningkatan. Sejak 2017 kami beroperasi di Indonesia dan Surabaya sampai sekarang growth 40 persen,” tuturnya.

Angka tersebut sudah cukup baik mengingat kompetisi di Surabaya cukup ketat. Sebab, banyak maskapai lain yang juga menyediakan penerbangan ke Singapura. “Kalau high season seperti momen akhir tahun dan mendekati Ramadan tentu penjualan tiket kami juga naik,” tegasnya.

Sebelumnya, penerbangan dari Surabaya ke Singapura sehari hanya sekali. Tapi, sejak November tahun lalu, pihaknya menambah penerbangan pada Selasa dan Minggu dalam sehari dua kali.

Di samping itu, Scoot juga tengah agresif mempromosikan penerbangan untuk umrah dengan tujuan ke Jeddah.

(JPC)

  • Bagikan