Prediksi Brighton vs Man City: Menanti Sentuhan Aguero

  • Bagikan
Sihir Sergio Aguero dinanti di kandang Brighton pada pekan pamungkas Premier League 2018-2019, Minggu (12/5) malam WIB (Mundo Albiceleste)

RAKYATJATENG – Fullback Manchester City, Kyle Walker, menyebut rekan setimnya, Sergio Aguero, seperti penyihir yang bisa membuat segala sesuatunya menjadi mudah. “Sergio (Aguero) itu bak penyihir, setiap sentuhannya selalu kami nanti,” klaim Walker, kepada Daily Telegraph.

Ya, sentuhan Midas Aguero dalam laga-laga penentu Man City kembali dirindu. Karena, sentuhan Midas Aguero dalam momen perburuan gelar juara di Premier League belum terulang sejak pekan 37 musim 2013-2014. Satu golnya turut mengantarkan Man City memenangi laga di Goodison Park menantang Everton. Kemenangan 3-2 yang menjauhkannya dari kejaran Liverpool sebagai rival terdekatnya saat itu.

Ketika itu, Liverpool malah tertahan 3-3 di The Hawthorns, markas Crystal Palace. Efek sentuhan Midas itu bahkan sudah dia buktikan dalam musim pertamanya bersama The Citizens, julukan Man City. Gara-gara golnya ketika menit kelima injury time, Man City memenangi pekan terakhir melawan Queen Park Rangers (QPR).

Padahal, andai tak ada gol Aguero, Man City akan tertahan 2-2 dan harus melepaskan gelar itu kepada rival sekotanya, Manchester United. Nah, empat musim berlalu, sentuhan tersebut bakal kembali terjadi saat Vincent Kompany dkk melawat ke Falmer Stadium, markas Brighton, Minggu (12/5) malam WIB.

Kebetulan momennya pun sama seperti pada akhir musim 2011-2012 dan 2013-2014, penentuan gelar juara Premier League. “Pengalaman (memenangi gelar) itu penting. Tapi cuma satu faktor. Momen paling luar biasa dalam histori klub adalah saat Sergio mencetak gol,” ucap pelatih Man City, Josep Guardiola saat konferensi per seperti dikutip Goal.

Momentumnya pun sudah menunjang. Aguero tak lagi jago kandang. Dua gol terakhir di Premier League sudah membuktikannya. Dua gol itu terjadi di kandang lawan. Satu ke gawang Fulham (30/3) dan satu lainnya ketika bertandang ke Turf Moor, kandang Burnley (28/4). “Gol-gol itu hanya soal mental,” sebut Pep.

Apalagi, Aguero sudah mengakrabi pertahanan Seagulls, julukan Brighton. Saat berhasil menekuk Brighton 2-0 saat matchweek ketujuh Premier League (29/9), dia mencetak satu gol. Meski begitu Guardiola berpesan kepada Aguero dan pemain Man City lainnya.

Terutama saat Brighton lebih memilih bermain bertahan. “Kalian mungkin akan masuk dalam lima, 10, atau 15 menit akhir yang gila. Tetapi, sebelum itu terjadi, kami sudah memiliki rencana dan itu harus diikuti untuk memenangi laga. Tetap tenang dan pikirkan apa yang kalian mampu,” pesan Pep.

Mantan bek Man City yang juga pernah setim dengan Aguero, Joleon Lescott, menilai Aguero adalah sosok penyerang yang mampu menenangkan dirinya sendiri. Dilansir The Guardian, dia mencontohkan saat momen krusial melawan QPR. “Dia datang untuk merebut bola. Dia saat itu hanya punya sedikit ruang. Tapi, dengan tenang dia memberi bola ke (Mario) Balotelli. Dengan posisi yang tepat, dia mampu mengakhirinya,” kenang Lescott.

Kiper Brighton, Mat Ryan mengklaim, Man City tak akan mampu mengulangi momen ajaib pada musim 2011-2012. Penjaga gawang timnas Australia itu pun tak ingin kembali diperdaya penyerang berkebangsaan Argentina itu lagi.

“Banyak teman dan keluarga saya jadi pendukung Liverpool. Mereka ingin saya menggagalkan gol-gol Man City. Saya yakin saya akan tercatat dalam sejarah jika saya mampu melakukannya,” koar Ryan seperti dikutip Birmingham Live.

Perkiraan Susunan Pemain
Brighton & Hove Albion (4-5-1): 1-Ryan; 2-Bruno, 4-Duffy, 5-Dunk, 30-Bernardo; 11-Knockaert, 13-Gross, 6-Stephens, 8-Bissouma, 20-March; 17-Murray
Pelatih: Chris Hughton

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson; 2-Walker, 4-Kompany, 14-Laporte, 35-Zinchenko; 47-Foden, 8-Guendogan, 21-Silva; 7-Sterling, 10-Aguero, 20-Bernardo Silva
Pelatih: Josep Guardiola

(JPC)

  • Bagikan