Ratusan Pemuda di Jateng-DIY Berebut Tiket Seleksi Calon Taruna Akmil

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebanyak 305 pemuda Jateng dan DIY mengikuti Sidang Parade untuk mendapatkan tiket seleksi calon taruna Akmil (Akademi Militer) Sumber Umum TA 2019 di Tingkat Panitia Daerah (Panda) di Balai Diponegoro, Semarang, Jumat (10/5).

Sidang yang dipimpin Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa ini akan memilih 132 orang yang berhak untuk mengikuti seleksi tingkat Panda di Rindam IV/Diponegoro Magelang.

Ratusan pemuda tersebut sebelumnya telah dinyatakan memenuhi kriteria dan lulus kesehatan, jasmani, psikologi, mental ideologi serta akademik.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi melalui sambutan yang dibacakan Kasdam menyampaikan, bahwa sasaran yang ingin dicapai dalam Sidang Parade ini adalah terpenuhinya alokasi penerimaan taruna Akmil Sumber Umum TA 2019 khususnya Panda IV/Diponegoro sebanyak 22 orang yang terdiri dari 21 orang dari jurusan IPA dan 1 orang dari jurusan IPS.

Pangdam memerintahkan seluruh panitia untuk dapat membuktikan bahwa TNI adalah milik masyarakat, sehingga setiap calon memiliki kesempatan yang sama untuk masuk sebagai calon taruna Akmil.

“Tidak ada pengecualian apakah dia anaknya buruh, petani, pedagang, pegawai negeri dan bahkan dari anggota keluarga TNI sendiri. Semua mempunyai peluang yang sama. Kalau memang anak tersebut mempunyai nilai yang bagus, dalam segala aspek kriteria penilaian, saya yakin mereka akan diterima,” katanya.

Pangdam juga menginstruksikan kepada semua Tim Seleksi dan Tim Sidang Parade untuk benar-benar bertindak jujur dan obyektif. Hal ini penting untuk mendapatkan profil calon taruna Akmil yang benar-benar berkualitas. Pilihlah calon yang terbaik diantara semua calon yang ada.

“Selesaikan semua permasalahan dalam forum sidang ini secara tuntas sehingga tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari. Cegah dan hindari semua tindakan maupun kebijakan yang berbau KKN,” tegasnya. (SEN)

  • Bagikan