Waspada! Banjarnegara Berpotensi Hujan pada Sore hingga Malam

  • Bagikan

BANJARNEGARA, RAKYATJATENG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, akan mengalami hujan pada Senin (6/5) sore hingga awal malam hari.

“Pada hari Senin awal bulan suci Ramadhan ini Banjarnegara diprakirakan hujan menjelang sore hari, menjelang waktu berbuka puasa,” kata Kepala Stasiun Geofisika (BMKG) Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Senin (6/5).

Dia menjelaskan, hampir seluruh kecamatan yang ada di Banjarnegara, mulai dari Banjarmangu hingga Wanayasa berpotensi mengalami hujan ringan sejak sore hingga awal malam hari kecuali Kecamatan Bawang.

“Hampir seluruh kecamatan berpeluang hujan ringan, kecuali Kecamatan Bawang, diprakirakan Kecamatan Bawang hanya berawan saja dan tidak mengalami hujan sejak Senin pagi ini hingga hari Selasa (7/5) besok,” katanya.

Sementara itu, kata dia, ada tiga kecamatan yang diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang, yaitu Mandiraja, Purworejo Klampok, dan juga Susukan.

“Sisanya hujan ringan saja pada sore hingga awal malam hari, tren curah hujan memang cenderung menurun karena mendekati musim peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau,” katanya.

Kendati curah hujan mengalami penurunan, kata dia, masyarakat tetap harus waspada, terutama mereka yang tinggal di wilayah-wilayah rawan bencana longsor.

“Selama masih ada hujan, khususnya dalam durasi yang lama maka perlu terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” katanya.

Pasalnya, kata dia, potensi cuaca ekstrem masih berpeluang terjadi pada saat musim peralihan nanti.

Sementara itu, BMKG juga memprakirakan bahwa pada bulan Juni mendatang, sebagian wilayah di Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya akan memasuki musim kemarau.

“Bulan Juni diprakirakan sebagian wilayah Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, dan sekitarnya sudah mulai memasuki musim kemarau namun setiap perkembangannya akan selalu kami informasikan kepada seluruh masyarakat,” katanya.

(ant)

  • Bagikan