Semifinal Liga Eropa: Chelsea Curi Satu Poin di Markas Frankfurt

Foto: net

RAKYATJATENG – Chelsea berhasil menahan imbang tuan rumah Eintracht Frankfurt dengan skor 1-1 di Stadion Commerzbank-Arena, Frankfurt, Jerman, pada Jumat dini hari WIB (3/5), demi memetik sebuah modal gol tandang jelang laga kedua semifinal Liga Europa pekan depan.

Sebuah gol cantik yang dicetak Luka Jovic untuk Frankfurt berhasil disamakan oleh Chelsea melalui gol yang tak kalah indah milik Pedro, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu menjadi catatan pertemuan perdana kedua tim sepanjang sejarah, namun baik Chelsea maupun Frankfurt pasti bernafsu meraih kemenangan di Stamford Bridge pekan depan untuk melangkah ke partai final.

Chelsea berusaha tampil menekan sejak tendangan mula meski mereka tak bisa menciptakan peluang yang benar-benar membahayakan gawang Franfkurt.

Tuan rumah perlahan mulai menemukan ritme permainan mereka dan Danny da Costa berusaha melepaskan umpan tarik ke muka gawang pada menit ke-18, namun kiper Kepa Arrizabalaga mampu membacanya dan meluncur untuk mengamankan bola.

Namun, Kepa tak mampu berbuat apa-apa ketika Jovic meluncur demi menyambut umpan silang Filip Kostic dan mengarahkannya ke sudut tiang jauh untuk membawa Franfkurt unggul pada menit ke-23.

Tim tamu berusaha menciptakan gol balasan dan kerja keras mereka baru berbuah di pengujung babak pertama ketika Pedro melepaskan tembakan keras menaklukkan kiper Kevin Trapp, setelah menyelesaikan umpan hasil kerja sama David Luiz dan Ruben Loftus-Cheek.

Di babak kedua, Chelsea kembali memulai dengan baik namun Loftus-Cheek mengambil keputusan buruk ketika menyelesaikan umpan satu dua sentuhan bersama Pedro dengan tembakan yang melambung di atas mistar gawang pada menit ke-55.

Lima menit kemudian, Trapp sukses menghalau bola eksekusi tendangan bebas Luiz dan membenturkannya ke mistar gawang yang hanya berakhir sebagai sepak pojok untuk Chelsea.

Pelatih Maurizio Sarri berusaha mengatasi keadaan itu dengan memasukkan Eden Hazard menggantikan Willian pada menit ke-61.

Namun, Trapp lagi-lagi sukses melakukan penyelamatan gemilang ketika ia menggagalkan sepakan jarak dekat Loftus-Cheek pada menit ke-75 dan bola muntah yang berusaha disambar Hazard membentur barisan pertahanan Frankfurt.

Lima menit jelang waktu normal berakhir, Frankfurt hampir merestorasi keunggulan jika saja tandukan David Abraham menyambut bola sepak pojok tak melambung di atas mistar gawang.

Di sisa waktu yang ada tak ada ancaman berarti bagi gawang kedua tim, dan mau tak mau tuan rumah mendapati mereka berada dalam posisi harus mencetak gol ketika melawat ke Stamford Bridge pekan depan.

Susunan pemain:

Eintracht Frankfurt (3-4-3): Kevin Trapp; David Abraham, Makoto Hasebe, Martin Hinteregger; Danny da Costa, Sebastian Rode, Gelson Fernandes (Goncalo Paciencia), Simon Falette; Mijat Gacinovic (Jetro Willems), Luka Jovic, Filip Kostic
Pelatih: Adi Huetter

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, David Luiz, Andreas Christensen, Emerson; N’Golo Kante, Jorginho, Ruben Loftus-Cheek (Mateo Kovacic); Pedro, Olivier Giroud, Willian (Eden Hazard)
Pelatih: Maurizio Sarri

(ant)