Prediksi Barcelona vs Liverpool: Adu Tajam Trio Penyerang

  • Bagikan
Lionel Messi dan Mo Salah bakal saling adu ketajaman dalam laga di Camp Nou, Kamis (1/5) malam WIB (234sport)

RAKYATJATENG – Duel Barcelona kontra Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis (2/5) dini hari WIB bisa dibilang sebagai adu tajam trio lini serang. Seperti diketahui, Barcelona memiliki Lionel Messi-Luis Suarez-Philippe Coutinho sebagai trisula lini depan. Sedangkan Liverpool mengimbanginya dengan Mohamed Salah-Roberto Firmino-Sadio Mane.

Adu lihai antara trio MSC Barca versus SMF Liverpool ini menjadi tajuk utama dalam laga nanti. Coutinho dalam wawancara dengan Goal, Selasa (30/4) berkata Liverpool garang di unit serang dan solid di lini belakang. Kondisi The Reds terkini itu jauh berbeda ketika ditinggalkan Coutinho pada Januari tahun lalu. Kedatangan Virgil van Dijk yang beberapa hari sebelum kepergian Coutinho ke Barca menjadi salah satu alasannya.

“Saya selalu menyaksikan pertandingan Liverpool sepanjang musim ini. Tiga pemain depan (Mane, Firmino, dan Salah) memang bagus namun para bek juga gelandang bekerja keras untuk tim,” ucap gelandang 26 tahun itu.

Trio SMF menciptakan 62,5 persen dari total gol Liverpool musim ini di berbagai ajang. Atau di antara 104 gol The Reds musim ini 65 gol diantaranya lahir dari kaki ataupun kepala SMF. Khusus di Liga Champions, masing-masing trio SMF menciptakan empat gol.

Sedangkan Coutinho dan dua patner lini depannya mempunyai jumlah gol di Liga Champions yang lebih baik dibandingkan trisula Liverpool. Messi, Suarez, dan Coutinho membuat 13 gol.

Namun distribusi gol antarindividu MSC di Liga Champions tak sebagus SMF. Messi menjadi top skorer Barca di pentas Eropa dengan sepuluh gol. Coutinho membukukan tiga gol. Sedangkan Suarez masih tanpa gol.

Khusus Suarez, periode paceklik gol di Eropa sudah terjadi dalam 391 hari hingga hari ini (1/5). Terakhir kali mengoyak gawang lawan di Liga Champions terjadi 5 April tahun lalu pada leg pertama perempat final lawan AS Roma.

Nah, sama halnya dengan Coutinho maka Suarez pun memantau laga demi laga Liverpool. Maklum baik Coutinho juga Suarez punya irisan masa lalu dengan tim pengoleksi lima gelar Liga Champions itu.

Dalam wawancara dengan Marca, penyerang asal Uruguay tersebut mengenang baik periode yang luar biasa di Premier League bersama Liverpool. Suarez memperkuat Liverpool selama 3,5 musim. Puncaknya pada 2013-2014 saat Suarez jadi top skorer Premier League dengan 31 gol serta membawa Liverpool menduduki posisi runner-up.

“Saya sangat berterima kasih kepada Liverpool karena pernah menjadi bagian dari tim. Namun dalam perjumpaan dengan mereka di lapangan kali ini tentu tak ada lagi kenangan indah yang saya ingat,” ucap Suarez.

Jika 3,5 tahun di Liverpool Suarez hanya mendapatkan satu trofi Piala Liga 2011-2012 maka sejak bergabung dengan Barca koleksi trofinya langsung berderet. Mulai treble winners pada musim perdanya sampai titel La Liga musim 2018-2019 ini. Total Suarez sudah meraih 13 trofi dalam lima musimnya bersama Blaugrana.

Di sisi lain, Roberto Firmino yang dikabarkan mengalami gangguan pangkal paha dan absen lawan Huddersfield Sabtu (27/4) lalu sudah bergabung dalam latihan kemarin di markas Liverpool, Melwood.

Firmino kepada Globo Esporte mengatakan capaian mereka hingga babak semifinal ini merupakan lompatan besar. Dalam dua musim berturut, Liverpool selalu mencapai babak empat besar. Malah musim lalu, Liverpool masuk final.

“Kami harus bermain cerdas seperti babak perempat final lalu. Kami akan bermain di laur kandang lebih dahulu di semifinal ini dan kami akan berhitung gol tandang yang bisa diciptakan,” ujar eks pemain 1899 Hoffenheim itu.

Perkiraan Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3): 1-Ter Stegen; 20-S.Roberto, 3-Pique, 15-Lenglet, 18-Alba; 8-Arthur, 5-Busquets, 4-Rakitic; 10-Messi, 9-Suarez, 7-Coutinho
Pelatih: Ernesto Valverde

Liverpool (4-3-3): 13-Alisson; 66-Alexander-Arnold, 32-Matip, 4-Van Dijk, 26-Robertson; 7-Milner, 14-Henderson, 5-Wijnaldum; 11-Salah, 9-Firmino, 10-Mane
Pelatih: Juergen Klopp

(JPC)

  • Bagikan