Jokowi Pindahkan Ibukota, Anies: Masalah di Jakarta Tetap Harus Diselesaikan

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Presiden Joko Widodo memutuskan untuk segera memindahkan ibukota negara ke luar Jawa. Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak mempersoalkannya.

“Tadi saya sampaikan juga dalam rapat bahwa pemerintahan di Jakarta atau luar Jakarta, masalah-masalah yang di Jakarta tetap harus diselesaikan,” ujarnya di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/4).

Apalagi, lanjut dia, ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. Seperti masalah daya dukung lingkungan hidup, ketersediaan air bersih, soal pengelolaan udara, pengelolaan limbah, hingga transportasi.

“Rencana pembangunan besar-besaran di Jakarta tetap jalan terus,” imbuhnya.

Apalagi, kata dia, dalam rapat disebutkan, pemindahan ibu kota hanya dilakukan pada urusan pemerintahan. Baik legislatif, eksekutif, maupun yudikatif. “Tapi yang menyangkut perdagangan investasi perbankan masih tetep di Jakarta,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Senin (29/4) siang, Presiden memutuskan untuk memindah Ibu kota ke luar Jawa. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan kondisi Jakarta yang dinilai tidak ideal untuk kota masa depan.

Selain kemacetan, daya dukung lingkungannya juga rendah. Mulai dari banjir, polusi air dan udara, hingga penurunan permukaan tanah.

(JPC)

  • Bagikan