Relawan Jokowi-Ma’ruf di Amerika Serikat Gelar Syukuran Kemenangan

Para relawan pendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, #AmerikaBerSATU, saat melakukan syukuran atas hasil Pilpres 2019 di Chrissy Field West Bluff Picnic Area berlatarkan Jembatan Golden Gate di San Francisco, California, Amerika Serikat, Minggu (28/4/2019) setempat. (ant)

CALIFORNIA, RAKYATJATENG – Relawan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin #AmerikaBerSATU menggelar acara syukuran di sejumlah titik atas hasil penghitungan suara Pilpres 2019 di Amerika Serikat yang memenangkan kandidat dukungan mereka.

Syukuran tersebut terkumpul di dua negara bagian yakni di California dan Connecticut pada Minggu (28/4) setempat, demikian keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin dini hari WIB (29/4).

Di Connecticut syukuran digelar dengan acara potluck (peserta membawa beragam makanan untuk disantap bersama) di kompleks Veterans of Foreign War di kota Berlin.

Gelaran yang dipimpin koordinator subrelawan #RelawanJokowiCT Luka Lusitania dan Lia Tendean itu juga dihadiri oleh Sumarsam, yang mengaku bersahabat dengan Sudjiatmi Notomihardjo, ibunda dari Jokowi.

“Saya tahu benar bahwa Pak Jokowi adalah sosok pemimpin yang merakyat dan mau turun, rendah hati, persis seperti ibunda beliau yang saya kenal,” kata Sumarsam.

Sementara itu perayaan di California digelar di Chrissy Field West Bluff Picnic Area, San Francisco, lokasi piknik yang berlatarkan jembatan Golden Gate.

Sekira 50-an relawan berkumpul sejak pukul 11.00 pagi menyantap tumpeng nasi kuning yang dihiasi foto Jokowi sembari menikmati suasana diiringi mars-mars kampanye Jokowi-Amin seperti lagu Jokowi Gaspol.

“Kami yakin buah kerja keras Jokowi-Amin akan semanis kue-kue yang kami hidangkan hari ini,” kata salah satu koordinator acara Ita Quattron.

Di San Francisco turut hadir pula Yanti Gordon dan Herning Grissom, koordinator #SFBayArea4Jokowi dan #Sacramento4Jokowi yang juga menggerakan para relawan untuk mengumpulkan dana untuk para petugas KPPS dan anggota POLRI yang gugur dalam menjalankan tugas mereka.

Dilansir VOA Indonesia pada 25 April 2019, diketahui pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul telak dengan raihan 17.795 di Amerika Serikat, dibandingkan 2.612 suara saja yang diperoleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Suara-suara tersebut dikumpulkan dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Washington DC, PPLN New York, PPLN Chicago, PPLN Los Angeles, PPLN Houston dan PPLN San Francisco.

(ant)