Lebaran, BI Solo Siapkan Uang Baru Rp 5,4 Triliun

SOLO, RAKYATJATENG – Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Solo menyiapkan uang baru untuk Ramadhan dan Lebaran 2019. Masyarakat kerap memburu uang baru pada momen tersebut.

Adapun uang baru yang disiapkan BI Solo mencapai Rp 5,4 triliun. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp 5 triliun. Diperkirakan, penukaran uang lebih tinggi seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap tahun realisasi dalam penukaran memang lebih tinggi dibandingkan dengan persiapan uang baru yang ada. Seperti 2018 lalu, kami siapkan Rp 5 triliun. Tapi realisasinya Rp 5,233 triliun,” terang Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Solo Bakti Artanta saat jumpa pers di kantor BI Solo, Senin (29/4).

Uang yang disiapkan terdiri atas uang kertas dan logam. Selain jumlah uang yang ditambah, BI juga akan menaikkan jumlah titik penukaran. ”Tahun lalu penukaran uang baru hanya ada di 111 titik. Tapi tahun ini, kami menambah jumlah titik penukaran uang menjadi 150 titik,” terangnya.

Adapun rincian titik penukaran uang adalah 98 bank umum, 30 BPR, 8 BPRS, 10 pegadaian, dan empat Kantor Pos sebagai pilot project. Penambahan titik penukaran uang baru sebagaimana arahan pusat yang menargetkan 2.000 titik di Jateng.

Untuk wilayah Soloraya sendiri terbagi di wilayah Solo 74 titik, Boyolali 14 titik, Klaten 16 titik, Sukoharjo 15 titik, Karanganyar 11 titik, dan Wonogiri sebanyak 10 titik.

“Untuk jadwal penukaran uang baru akan mulai dilayani 13-29 Mei. Tapi kalau untuk wilayah Solo mulai 13-23 Mei. Karena nanti juga ada penukaran uang di Benteng Vastenburg mulai 27-29 Mei,” ulasnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono