Persipura Pindah Kandang ke Jogjakarta

Benhur Tommy Mano, Ketua Umum Persipura, mengatakan bahwa Persipura pindah kandang ke Jogjakarta lantaran Stadion Mandala tengah direnovasi (Instagram @persipurapapua1963)

JOGJAKARTA, RAKYATJATENG – Persipura Jayapura akan menjadi tim musafir selama bergulirnya Liga 1 2019. Sebab kandang mereka, Stadion Mandala sedang direnovasi. Nah, kabarnya, manajemen Persipura memilih Jogjakarta sebagai markas sementara untuk mengarungi kompetisi.

“Ya, manajemen sudah rapat dan keputusannya Persipura memilih homebase di Jogjakarta,” kata Ketua umum Persipura, Benhur Tommy Mano.

Benhur menambahkan, keputusan itu diambil lantaran beberapa stadion di Papua antara lain Stadion Marora dan Stadion Barnabas Youwe juga sedang dalam tahap renovasi sebagai persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2020. “Jadi kami putuskan untuk memilih homebase di luar Papua,” ujarnya.

Benhur juga mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan Wali Kota Jogjakarta Haryadi Suyuti. Wali kota sangat mendukung keputusan Persipura memilih Kota Gudeg. Apalagi, banyak orang Papua yang mengenyam pendidikan di Jogjakarta. Inilah hal lain yang menjadi bahan pertimbangan manajemen.

Benhur menambahkan pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan beberapa klub Liga 1 dan Liga 2 yang berada di wilayah Jogjakarta. “Nanti kami lihat stadion mana yang terbaik dan dapat dijangkau oleh para pendukung Persipura di Jogja,” tambahnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura itu masih berharap Persipura bisa tetap bermain di Jayapura pada putaran kedua kompetisi. Artinya, tahap pemeliharaan dan renovasi Stadion Mandala bisa berlangsung cepat.

Sementara itu, dalam waktu dekat, Persipura akan mendatangkan dua pemain asing lagi. Kabarnya mereka akan merekrut pemain asal Afrika yang berposisi sebagai gelandang. Padahal saat ini Persipura sudah menemuhi slot empat pemain asing. Mereka adalah Luis Carlos Pilar (striker/Brasil), Oh In-kyun (gelandang/Korea Selatan), Wallacer Andrade (gelandang/Brasil), serta Andre Ribeiro (bek/Brasil).

Dengan begitu posisi keempat pemain asing tersebut masih belum aman. ”Yang pasti kami akan lihat hasilnya selama kami menjalani uji coba di Jogjakarta,” kata asisten manajer Persipura, Bento Madubun.

(JPC)