Hitung-hitungan Internal, PDIP Kuasai Kursi DPRD Solo

  • Bagikan

SOLO, RAKYATJATENG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo berhasil meguasai perolehan suara dalam Pemilu 2019. Hasil itu diperoleh dari hitung-hitungan internal partai berlogo kepala banteng bermoncong putih tersebut.

Keberhasilan ini membuat PDIP mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Solo yakni sebanyak 29 kursi dari total 45 kursi. Jumlah ini meningkat lima kursi dari sebelumnya yang hanya 24 kursi.

“Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh internal kami di setiap daerah pemilihan (dapil), diprediksi akan ada lima anggota baru di kursi DPRD,” terang Sekretaris DPC PDIP Solo Teguh Prakosa, Jumat (19/4).

Teguh juga mengatakan bahwa dalam pemilu tahun ini PDIP mendapatkan perolehan suara yang cukup tinggi. Kondisi tersebut terjadi di setiap Dapil yang ada. Hasil inilah yang kemudian membuat PDIP berhak atas lima kursi tambahan di dewan.

“Tambahan suara lebih kurang 10 ribu seperti terjadi di wilayah Jebres, dan ini bisa menambah dua sampai tiga kursi di DPRD,” katanya.

Selain itu, caleg petahana dari PDIP juga berhasil mempertahankan kursinya. Bahkan mereka mampu bertarung dan mengalahkan caleg dari parpol lain yang juga kembali mencalonkan diri tahun ini.

“Penambahan kursi untuk PDIP terjadi di Dapil I (Pasar Kliwon-Serengan), Dapil III (Banjarsari A), dan juga di Dapil IV (Banjarsari B),” ucapnya.

Capaian tersebut berkat hasil kerja keras dari para kader, simpatisan dan juga relawan. Selain itu, dalam pemilu kali ini mesin partai berjalan dengan sangat bagus.

(JPC)

  • Bagikan