Ratusan Warga Kampung Nelayan Antusias Ikut Layanan Kesehatan Gratis

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Ratusan warga kampung nelayan antusias mengikuti layanan kesehatan gratis yang digelar oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah dan Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) UP3 Semarang pada Rabu (13/3/2019).

Layanan kesehatan gratis ini merupakan rangkaian dari program layanan kesehatan keliling. Dipusatkan di RW 7 Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu, segenap tim medis yang terdiri dari dokter, perawat dan apoteker berhasil melayani ratusan pasien.

Manager PLN UP3 Semarang, Doni Adriansah mengatakan, kegiatan yang sumber dananya berasal dari zakat pegawai PLN yang ditarik setiap bulan tersebut diharapkan bisa tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Mudah-mudahan tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya mengaku tidak hanya memberi layanan listrik saja, namun juga memberikan layanan sosial untuk masyarakat.

“Saya hanya berpesan kepada semua masyarakat untuk ikut peduli pada jaringan listrik yang ada, karena itu milik bersama, jadi harus dijaga bersama-sama,” katanya.

Kepala Kantor IZI Perwakilan Jawa Tengah, Djoko Adhi menambahkan, adapun bentuk pelayanan yang dilakukan adalah konsultasi dokter, tensi, pemberian obat secara gratis dan cek lab sederhana, meliputi gula darah, kolesterol dan asam urat.

“Khusus untuk Balita diberikan juga makanan tambahan. Sementara dalam kegiatan ini diikuti sekitar 243 orang pasien diantaranya 137 pasien umum, 56 mengikuti cek lab dan 50 Balita,” jelasnya.

Djoko berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat khususnya untuk warga RW 7 yang terdiri 9 RT yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Rokib, warga RT 3/RW 7 berharap semoga seluruh warga yang mengikuti pengobatan gratis segera sembuh dan kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan.

“Semoga warga disini sehat semua dan layanan seperti ini bisa dilaksanakan lagi. Saya sangat senang dengan adanya pengobatan gratis ini,” ungkapnya. (sen)

  • Bagikan