Dishub Semarang Siapkan Tiga Kantong Parkir Pengunjung Kota Lama

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menyiapkan tiga kantong parkir pengunjung untuk memarkirkan kendaraan saat mengunjungi kawasan Kota Lama.

Tiga kantong yang disiapkan Dishub Kota Semarang berada di depan Kantor Satlantas, DMZ (Branjangan) dan Sendowo. Keberadaan kantong-kantong parkir ini merupakan bagian dari persiapan Kota lama menuju Word Heritage pada 2020.

Kasi Perizinan dan Penataan Parkir Dishub Kota Semarang, Antonius Hariyanto mengatakan, nantinya kawasan Kota Lama akan ramai pengunjung dengan menjadi kawasan Word Heritage.

“Maka kami dari Dishub sudah merekayasa kantong parkir sekiranya tidak mengganggu arus lalu lintas di sekitar kawasan tersebut,” katanya, Senin (11/2).

Ia menjelaskan, untuk bus-bus wisata nantinya akan disediakan parkir digarasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Jalan Mpu Tantular, dan saat ini masih dikoordinasikan dengan Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang.

“Tak hanya itu dari kantong parkir yang sudah kami sediakan nantinya kami juga menyediakan mobil-mobil golf atau shuttle, untuk mengantarkan pengunjung ke kawasan Kota lama,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini di Jalan Letjen Suprapto masih bisa dilewati oleh kendaraan. Namun dengan catatan kendaraan tidak melebihi JBB (Jumlah Berat Bruto) yakni 8.000 kilogram.

“Terkecuali bus Wisata (Sikenang, SiDenok, red) dan Bus Trans Semarang (medium bus, red) yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Semarang,” katanya.

Kepala Badan Layanan Umum Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan menambahkan, operasional BRT Trans Semarang masih tetap beroperasi dan masih bisa melewati Kota Lama, karena berat bus hanya 8.000 kilogram dan masih dibatas yang ditentukan.

“Dalam hal ini Trans Semarang juga turut mendukung untuk transportasi masyarakat untuk menjangkau Kota Lama dan tidak ada perubahan jalur, hanya saja nanti akan kami pasang rambu untuk naik turun penumpang,” tandasnya. (sen)

  • Bagikan