IZI Jateng Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Semarang, Masyarakat Antusias

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah bersama dengan PT Indonesia Power (IP) dan PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis untuk warga Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jateng.

Pelayanan kesehatan gratis ini merupakan rangkaian dari program layanan kesehatan keliling. Dipusatkan di Masjid Jami Sholaha, Kelurahan Tanjung Mas, segenap tim medis yang terdiri dari dokter, perawat dan apoteker berhasil melayani ratusan pasien.

Tim medis yang mengikuti program ini antusias karena termasuk sarana kepedulian dan bakti sosial mereka terhadap masyarakat selain dinas di lembaga kesehatannya masing-masing.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan oleh dr Sri Lestari selaku Manajer Pelayanan Puskesmas Bandarharjo berupa penyuluhan kesehatan.

Dr Lies, sapaannya memaparkan betapa pentingnya kepedulian terhadap kesehatan, terutama DBD yang sedang marak terjadi di mana mana dan Jawa Tengah merupakan turun angka penderita DBD.

“Tahun 2018, rangking Jawa Tengah dalam pengendalian jentik nyamuk turun. Peran masyarakat ikut peduli dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) terutama di bak air bersih ibu bapak sekalian,” ungkapnya saat memberikan penyuluhan kesehatan.

Adapun bentuk pelayanan kesehatan langsung yang diberikan oleh tim medis adalah konsultasi dokter, cek tensi dan cek lab sederhana, meliputi gula darah, kolesterol dan asam urat serta pemberian obat jika mendapatkan rekomendasi dokter. Selain itu diberikan pula Makanan Tambahan dan Vitamin bagi 100 balita di daerah tersebut.

Kepala IZI Jawa Tengah, Djoko Adhi Saputro menjelaskan layanan kesehatan ini diberikan di daerah yang rawan terhadap kesehatan masyarakat dan jauh dari pusat kesehatan.

“IZI bersama dengan IP dan KJG peduli terhadap kesehatan masyarakat yang jauh dari pelayanan kesehatan. Makanya kali ini kami menyelenggarakan pelayanan kesehatan keliling di sini,” ujarnya, kemarin.

Perwakilan Indonesia Power, Hery menjelaskan program kesehatan ini bermanfaat dan terus dilaksanakan bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan tersebut mendapatkan Ridha Allah. Dan semoga program LKK yang sudah berjalan, semoga terus bergulir,” kata Hery

Disisi lain, Imam Suryadi selaku Manajer Operasi dan Pemeliraharaan KJG sangat berharap menjadi sarana kepedulian coorporate kepada masyarakat khususnya bidang kesehatan.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas antusiasme masyarakat kepada agenda kesehatan keliling ini. Semoga menjadi sarana komunikasi yang baik antara coorporate, lembaga IZI dan masyarakat Tanjung Mas yang dekat dengan perusahaan kami,” ungkapnya. (sen)

  • Bagikan