15 Selter BRT Trans Semarang Dilengkapi CCTV

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebanyak 15 selter Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang telah terpasang Closed-Circuit Television (CCTV). Mulai hari ini, Selasa (29/1), semua aktivitas di selter-selter tersebut akan tersorot secara langsung melalui kamera pengawas. 15 selter itu merata di beberapa titik Kota Semarang.

“CCTV yang terpasang ini berguna untuk memantau kepadatan penumpang. Selain itu digunakan untuk mengawasi kinerja karyawan. Bahkan jika ada penumpang kehilangan barang, dapat dipantau melalui CCTV ini,” ujar Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan.

Tak hanya memantau kinerja karyawan dan soal kehilangan barang, kamera pengawas berguna untuk merekam tindak kriminal. Seperti CCTV di selter Pelabuhan yang sudah terpasang sejak tahun lalu. “Pada November 2018, CCTV yang terpasang di selter Pelabuhan merekam tindakan pencurian yang terjadi,” sambungnya.

Intinya, pemasangan kamera pengawas ini adalah bagian dari sebuah peningkatan pelayanan. Setiap saran maupun keluhan ditanggapi sebagai masukan positif. Seperti tahun lalu, BRT Trans Semarang menerima 756 Keluhan dan saran.

“Keluhan dan saran tersebut diteima baik melalui call center, media sosial antara lain l WhatsApp, Instragram, Twitter, Facebook, SMS, dan Lapor Hendi,” katanya.

Keluhan dan saran tersebut, diperoleh dari tujuh koridor BRT Trans Semarang yang saat ini beroperasi. Termasuk koridor bandara yang beroperasi mulai pukul 18.00 – 24.00 WIB.

Keluhan dan saran yang masuk diklasifikasikan menjadi beberapa kategori. Antara lain armada tidak merapat selter, pelayanan driver, kondisi bus maupun selter, interval waktu pelayanan, pelayanan petugas, permintan penambahan rute, armada, serta jam operasi.

“Selama tahun 2018, sebanyak 30 driveryang tidak dapat memberikan pelayanan maksimal saat operasional armada, baik ngebut, menerobos lampu merah, laka, tidak disiplin, telah kami keluarkan,” pungkasnya.

Berikut 15 Selter BRT Semarang yang terpasang CCTV:
– Terminal Mangkang
– Pool UNNES
– Selter Elizabeth
– Dua selter di Balai Kota
– Selter Tawang
– Pool RSND-UNDIP
– Selter Pelabuhan
– Selter Ksatrian
– Selter Terang Bangsa
– Terminal Cangkiran
– Terminal Sisemut
– Dua selter di Simpang Lima
– Terminal Penggaron

(JPC)

  • Bagikan