KPU Target Partisipasi Pemilu 2019 Capai 77,5 Persen di Kota Semarang

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Henry Casandra Gultom resmi melantik 55 orang relawan demokrasi, di aula kantor kantor KPU Kota Semarang, Rabu (23/1).

Pelantikan relawan demokrasi tersebut sesuai surat keputusan KPU Kota Semarang nomor 23/PP.08-Kpt/33754/KPU.Kot/I/2019 tentang penetapan dan pengangkatan relawan demokrasi pemilu 2019.

Sebelumnya, KPU Kota Semarang telah telah menyeleksi relawan demokrasi tersebut. Jumlah peserta yang mendaftar ada 192 orang, namun yang terpilih hanya 55 orang.

Nantinya 55 relawan demokrasi ini akan dibagi ke dalam 10 segmen pemilih, yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan dan warga internet (warganet).

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan, hadirnya relawan demokrasi diharapkan dapat bersinergi dengan KPU Kota Semarang dalam bekerja untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019.

“Saya ucapkan selamat bagi para relawan demokrasi. Semoga dapat bersinergi dengan kami untuk ikut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2019,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan para relawan demokrasi diharapkan mampu menjangkau sudut-sudut terjauh dari simpul masyarakat dan menjadi perpanjangan tangan KPU dalam menyampaikan informasi seputar penyelenggaraan pemilu 2019.

“Sehingga target partisipasi pemilu 2019 adalah 77,5 persen bisa tercapai di Kota Semarang,” ujar Nanda, sapaan akrab Henry Casandra Gultom.

Selanjutnya, para relawan demokrasi yang terpilih tersebut akan diberikan pembekalan berupa bimbingan teknis (bimtek) yang akan dilaksanakan Kamis (31/1), mulai pukul 07.30 hingga pukul 20.00 WIB.

KPU Kota Semarang akan menghadirkan para narasumber dari Komisioner KPU Kota Semarang, Diana Ariyanti Komisioner KPU Jawa Tengah dan Indra Prasetya dari Trax FM Semarang. (sen)

  • Bagikan