Semarang Jalin Kerjasama dengan Surakarta, Hendi: Hari Ini Eranya Kolaborasi bukan Kompetisi

  • Bagikan

SURAKARTA, RAKYATJATENG – Upaya WaliKota Semarang Hendrar Prihadi untuk mengikat kerja sama strategis dengan seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah terus dilakukan.

Pemerintah Kota Surakarta pun menjadi kerja sama ke-12 pemerintah daerah yang sepakat untuk bergerak bersama Pemerintah Kota Semarang dalam memajukan Provinsi Jawa Tengah.

Sebelum Surakarta, sebelas daerah yang dimaksud beberapa di antaranya Kabupaten Batang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Magelang.

Secara khusus, kerja sama antara Kota Semarang dengan Kota Surakarta menurut Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut menjadi sangat penting. Mengingat FX Hadi Rudyatmo dianggapnya sebagai seorang senior yang dapat mengajarkan banyak hal kepadanya.

“Terkhusus saya sampaikan terima kasih kepada senior saya mas Rudy karena menerima saya dengan baik, dan Alhamdulillah bisa ada MoU dengan Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Kota Surakarta,” ujarnya

“Hari ini eranya kolaborasi bukan kompetisi, dan setiap wilayah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga hari ini saya sowan (menghadap) mas Rudy di Surakarta untuk bisa banyak belajar,” tambahnya.

Berkolaborasi memajukan dua wilayah besar di Jawa Tengah, Kota Semarang dan Kota Surakarta, Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo sepakat menandatangani nota kesepakatan kerja sama (MoU) antar dua pemerintah kota, Senin (21/1)

Penandatanganan MoU antar wilayah ini, menurut orang nomor satu di Kota Semarang tersebut merupakan yang ke-12. Sebelumnya, beberapa wilayah telah sepakat dengan Kota Semarang untuk berkolaborasi dan maju bersama.

Secara detail, Walikota Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan tersebut mengharapkan kerja sama antara Pemerintah Kota Semarang bersama Pemerintah Kota Surakarta fokus pada dua hal, yaitu terkait pariwisata dan realisasi pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

Terkait pariwisata, Walikota Hendi menekankan adanya jalan tol Semarang-Solo yang dibangun oleh era Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kemudahan kepada para wisatawan untuk mengakses Semarang dan Solo dalam satu hari

Dengan adanya kerja sama ini, Walikota Hendi berharap, baik Semarang dan Solo dapat sejalan dalam melakukan promosi pariwisata. Adapun kerja sama perihal PLTSa, dirinya mengatakan, jika Surakarta yang lebih dulu melakukan tanda tangan pembelian listrik yang diproduksi dari PLTSa Solo.

“Jadi Semarang dan Solo ini bagian dari 7 kota prioritas dalam pembangunan PLTSa dan Semarang ketinggalan satu step, jadi saya harus belajar banyak dari mas Rudy,” akunya.

Di sisi lain, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan jika dirinya tidak pernah mengungkit masalah senior dan junior dalam hubungannya dengan Walikota Hendi.

“Mas Hendi kemana selalu mengatakan saya seniornya, tapi saya tidak pernah menyampaikan senior junior, yang penting bisa bermanfaat. Senior dan junior tidak usah dipikir,” tegas Rudy. (sen)

  • Bagikan