ACT-MRI Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Korban Banjir di Kebumen

  • Bagikan

KEBUMEN, RAKYATJATENG – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Kebumen beberapa pekan terakhir membuat sejumlah tempat dilanda banjir.

Desa Adiluhur dan Mangunharjo, Kecamatan Adimulyo merupakan salah satu lokasi yang terkena dampak cukup parah. Penyebabnya, karena tanggul jebol lantaran tidak mampu menampung debit air yang cukup tinggi.

Guna meringankan dan membantu para korban banjir, Minggu (20/1), Tim Emergency Response Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah dibantu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) melakukan pelayanan kesehatan gratis untuk warga yang membutuhkan.

“Sejak hari Kamis (17/1) kemarin, kami sudah melakukan assessment di beberapa titik terjadinya banjir dan tanah longsor. Ini adalah banjir pertama yang terjadi di Kecamatan Adimulyo sejak tahun 2002,” ungkap Irfan Maulana selaku koordinator relawan MRI Jawa Tengah.

Irfan mengatakan, MRI-ACT menginisiasi pelayanan kesehatan dengan mendatangkan tim medis yang menyebar di tiga titik posko yakni, kantor kelurahan, rumah warga dan poskamling. “Selain itu, kami juga memberikan bantuan lll logistik serta kebutuhan mendasar,” kata Irfan.

Belum genap setengah hari dibuka pada Minggu (20/1) pagi, sudah lebih dari 90 warga yang datang untuk memeriksa kesehatan. Menurut Irfan sebagian besar warga mengalami gejala tinea pedis (gatal-gatal akibat jamur di kaki), Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), hipertensi dan nyeri kepala.

Koordinator Koramil 17/Adimulyo, Susanto, yang bertugas menangani banjir melaporkan bahwa banjir sudah mulai surut meski di beberapa lokasi masih tergenang air. “Akibat banjir menyebabkan sawah pertanian warga rusak, sementara itu warga mulai mengeluh soal kesehatan,” katanya.

Meski banyak yang mulai diserang penyakit, namun belum ada perhatian maupun upaya pelayanan kesehatan gratis dari pihak di luar MRI-ACT.

“Sejak terjadi banjir sampai sekarang, belum ada layanan kesehatan gratis selain dari MRI-ACT. Oleh karena itu kami sangat berterima kasih atas bantuan dan koordinasi dalam membantu warga,” pungkasnya. (sen)

  • Bagikan