Benahi Drainase Alun-Alun Sragen Digelontorkan Rp 830 Juta

  • Bagikan

SRAGEN, RAKYATJATENG – Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Sragen terus membenahi Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen. Setelah penambahan ornamen gading, Pemkab Sragen dalam waktu dekat juga akan membenahi saluran drainase, karena masih ada keluhan banyaknya titik genangan di lokasi ini.

Kepala Disperkim Sragen, Zubaidi menuturkan sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan ruang publik, kawasan Alun-alun Sasana Langen Putro terus dibenahi. Pihaknya menyampaikan ada keluhan soal drainase jalan di sisi barat.

”Kita benahi karena masih terjadi genangan. Drainase lingkungan alun-alun, akan mendapatkan anggaran Rp 830 juta,” terangnya.

Zubaidi mengatakan, perbaikan drainase nanti akan mengalirkan air di saluran yang ada di bawah shopping centre. Dia menjelaskan saat ini di jalan lingkar alun-alun sisi timur atrium ke selatan masih terjadi genangan air saat hujan deras. ”Karena salurannya tidak maksimal, nanti akan ditata dan diperbaiki agar bisa lebih lancar, kelebihan air akan disalurkan di kali Swideran 1,” kata Zubaidi.

Selain alun-alun, tempat lain yang mendapat anggaran pembenahan adalah proyek pembangunan kantor Kecamatan Tanon. Selain itu ada penataan lingkungan kecamatan, yang pada 2018 lalu sudah dibangun. Kecamatan yang mendapat penataan lingkungan adalah Kecamatan Mondokan, Kedawung dan Sambungmacan.

Sementara itu untuk pembuatan tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di Dukuh Pernong, Desa Jatitengah, Kecamatan Sukodono, seluas 5 hektare saat ini juga belum ada tambahan anggaran. Program selanjutnya disiapkan grand design dan penataan makam.

”Kita akan tata sedemikian rupa, agar tidak ada kesan menyeramkan lagi. Selain itu, untuk mengatasi masalah lahan makam, kita bakal terapkan sistem perpanjangan,” terangnya. (rs/din/per/JPR/JPC)

  • Bagikan