Keren! Kartunis Senior Semarang Jitet Kustana akan Memamerkan Karyanya di Belgia

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kartunis senior Semarang, yakni Jitet Kustana bakal meramaikan panggung seni di Eropa.

Jitet nantinya akan memamerkan karya-karyanya di European Cartoon Center (ECC) Kruishoutem, Belgia. Pameran akan berlangsung mulai 27 Januari hingga 14 April 2019.

Menanggapi hal ini, Jitet pun mengungkapkan rasa syukurnya bisa diundang untuk tampil di pusat kartun Eropa tersebut.

“Sebuah kehormatan buat saya bisa pameran di ECC. Saya tidak pernah membayangkan dapat undangan ini,” kata Jitet yang juga Pendiri Gold Pencil Indonesia itu, Rabu (9/1).

Rencananya, Jitet akan bertolak ke Kruishoutem, Belgia pada 24 Januari 2019 mendatang.

Jitet mengatakan, undangan berpameran di Belgia bermula ketika Jitet mendapat email dari manajemen ECC. Melalui email itu, pengelola ECC meminta Jitet untuk mengirimkan sejumlah karyanya. ECC berminat untuk memamerkan karya-karya Jitet.

“Sekitar Oktober 2018 lalu. Dia minta 130 karya, aku kirim 147 karya,” kata lelaki kelahiran 4 Januari 1967 itu.

ECC merupakan pusat kartun di Eropa yang dibuka pada tahun 2007 lalu. Tempat ini digadang menjadi surga bagi kartun, rumah bagi kartunis dan penggemar kartun.

Selain menyelenggarakan kontes dua tahunan Euro Kartoenale, ECC juga membuka ruang untuk pameran tunggal, kuliah dan kegiatan yang relevan dengan seni kartun.

Jitet mengungkapkan, sebagian besar karya yang dipamerkan di Eropa nantinya merupakan karya yang pernah memeroleh penghargaan internasional selama ini.

Jitet saat ini telah mengantongi lebih kurang 180 penghargaan kartun tingkat internasional. Yang terbaru, ia dinobatkan sebagai kartunis terbaik 2018 versi Cartoon Home Network International yang berbasis di Norwegia.

Pameran di Belgia kali ini, Jitet bakal berduet dengan kartunis asal Portugal, Cristina Sampaio. Selain itu, dalam lawatan ke Belgia kali ini Jitet juga bakal terlibat dalam penjurian Euro Kartoenale yang mengangkat tema “The Wall”. (sen)

  • Bagikan